Pemkab Tanggamus Kampanye Pengurangan Sampah Plastik

img
Sekdakab Tanggamus Hamid H Lubis. Foto. Glh.

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus kampanye pengurangan sampah plastik. Ditandai dengan pemasangan banner di kompleks perkantoran pemerintah setempat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis membubuhkan tanda tangan di atas banner kampanye pengurangan sampah plastik, Jumat (25-10-2019).

Kampanye juga ditandai dengan pemberian bantuan tumbler (botol minuman) kepada seluruh pegawai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanggamus. 

Bersamaan dengan itu, Lubis memonitor pelaksanaan Jumpa Berlian (Jumat bersih lingkungan kantor) di lingkungan Pemkab Tanggamus.

Sekdakab dalam arahannya menyampaikan, melalui program Jumpa Berlian yang dilaksanakan oleh OPD dan kecamatan setiap akhir bulan, diharapkan dapat memberikan contoh kepada masyarakat, sehingga hasilnya masyarakat juga ikut berpartisipasi dan menjadikan budaya bersih di lingkungannya.

"Karena tujuannya yang dirasakan masyarakat apabila ini rutin dilaksanakan maka Tanggamus semakin bersih dan pada akhirnya menjadi indah. Kalau Tanggamus ini bersih dan indah manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, salah satunya investasi kenyamanan. Kalau banyak pemegang modal lewat di Kabupaten Tanggamus dilihatnya bersih dari segala macam, otomatis mereka juga akan menanamkan modal disini (Tanggamus)," terang Sekdakab.

Sekda melanjutkan, Bupati Dewi Handajani juga sudah mencanangkan mendukung program kampanye pengurangan limbah plastik yang telah direspon oleh OPD dan jajarannya.

"Harapannya adalah agar jajaran pemerintah memberikan contoh ke masyarakat, diawali oleh OPD  melaksanakan kampanye ini dalam bentuk aksi, dan pada akhirnya akan menular kepada masyarakat, yang juga berkomitmen mengurangi limbah plastik," kata Sekda.

Ia juga menyatakan nantinya program tersebut akan diteruskan ditingkat kecamatan atau kelurahan sampai dengan jajaran pemerintahan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

"Kami berharap ini juga disemua lapisan pemerintah, bahkan di vertikal, kemudian dari rekan-rekan TNI, Polri, Kejaksaan,  Kementerian Agama dan seluruh instansi vertikal yang ada. Mari bersama-sama mendukung kampanye pengurangan limbah plastik ini," tandasnya.(glh/jal).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos