Permodalan Jadi Kendala Utama UMKM

img
Plt Kadis Koperasi dan UMKM Agus Nompitu.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kendala yang sering dihadapi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah kurangnya permodalan.

Padahal, menurut Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Agus Nompitu, 99 persen lapangan pekerjaan di Indonesia berasal dari UMKM.

"Jadi hanya 1 persen saja, lapangan kerja yang berasal dari usaha besar. Tetapi yang menjadi kendala adalah permodalan," kata Agus saat menjadi narasumber dalam Seminar UMKM, Selasa (19-11-2019).

Dia menyebutkan dari 99 persen pelaku UMKM, hanya 20 persen saja yang mengakses pembiayaan atau bantuan permodalan.

"Sedangkan 80 persennya belum mengakses pembiayaan. Sementara pelaku usaha besar 80 persennya mengakses pembiayaan," ujarnya.

Karena itu, dia mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya untuk mencarikan solusi permodalan pelaku UMKM.

"Beberapa kali kita melakukan diskusi soal permodalan. Salah satunya adalah percepatan akses pembiayaan sampai pada masyarakat," terangnya.

Dia menjelaskan pada 2015 pembiayaan KUR (Kredit Usaha Rakyat), pembiayaannya mencapai 21 persen. Tahun 2017 turun jadi 9 persen, 2018 hingga saat ini bunga KUR 7 persen.

"Mudah-mudahan dengan Kabinet Indonesia Maju, bunga KUR akan turun menjadi 6 persen," terangnya.

Dengan begitu, dia meyakini kendala permodalan dalam mengembangkan UMKM dapat terselesaikan. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos