Bupati Pringsewu Diminta Evaluasi Kinerja Kepala SKPD

img
Pemkab Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Bupati Pringsewu Sujadi diminta mengevaluasi dan mengganti kepala  organisasi perangakat daerah (OPD) yang  tidak produkti dalam melaksanakan program kerja .

Hal itu ditegaskan Direktur Lembaga Penelitian, Pengembangan Pedesaan dan Kawasan (LP3K) Lampung A.Andoyo dalam diskusi terbatas beberapa waktu lalu di Sekretariat LP3K Lampung.

Andoyo yang juga  mantan Ketua KPU Kabupaten  Pringsewu, mengatakan, ada beberapa satker yang harus dievaluasi kinerjanya agar upaya Bupati Pringsewu melaksanakan visi dan misinya membangun daerah tidak tertambat.

"Kepala SKPD jangan hanya monoton acara seremoni dan melaksanakan kegiatan rutin. Namun harus bisa menciptakan kegiatan yang produktif untuk memberdayakan masyarakat dan membangun daerah," tegas Andoyo.

Sedang Kepala Pekon Waringinsari Barat, Kecamatan Sukoharjo Woto Siswoyo, menilai banyak SKPD yang hanya melaksanakan kegiatan rutin seperti seremoni, namun minim program yang berdampak luas bagi masyarakat. 

Pringsewu memikiki banyak pemuda berprestasi dan organisasi kepemudaan yang butuh pembinaan dan pembekalan produktif dalam dunia usaha. 

Yang lebih ekstrim lagi, di wilayahnya  sudah beberapa kali ada penangkapan sejumlah orang yang terpapar teroris. Karena itu, ia meminta Kesbangpol terus melakukan pembinaan secara berkesinambungan terhadap keluarga yang salah satu anggota keluarganya tetduga ikut jaringan teroris. 

"Pemkab juga harus berani melakukan evaluasi bantuan-bantuan yang digulirkan. Apakah bantuan tersebut tepat sasaran atau tidak," tutur Woto Siswoyo.

Untuk itu, Kakon Waringinsari Barat itu meminta Bupati Pringsewu mengevaluasi  dan mengganti para kepala SKPD yang tidak punya inovatif tersebut.

Hal senada disampaikan Sudiono, anggota DPRD Pringsewu. Bupati sebagai kepala  daerah, kata dia, sudah sewajarnya  melakukan evaluasi jabatan kepada sejumlah satuan kerja perangkat daerah, karena memang itu tugas dan kewenanganya agar keberhasilan program pembangunan tercapai sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyatakat.

Menurutnya, Bupati Pringsewu untuk melakukan perombakan atau evaluasi dari kinerja para SKPD belum terlambat. "Memang sudah waktunya Pringsewu ada  perubahan, termasuk dalam pelayanan admisnistrasi  kepemerintahan," ungkap anggota Komisi lll DPRD Pringsewu itu.

Sementara Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, saat dimintai pendapat tentang evaluasi kinerja para kepala SKPD, mengatakan, bahwa infonya ada evaluasi beberapa para kepala SKPD. "Namun untuk lebih jelasnya coba konfirmasi kepada Pak Dawam Rahardjo kepala BKD Kabupaten Pringsewu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Pringsewu, Dawam Rahardjo ketika di konfirmasi membenarkan sedang melakukan evaluasi beberapa kepala SKPD namun dia tidak menyebutkan, SKPD mana saja yg menjadi target evaluasi kinerja. 

"Memang benar ada evaluasi kepada beberapa SKPD di Linkup Pemkab Pringsewu," imbuh Dawam. (lis)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos