Majukan UMKM, Pemkot Gandeng Gojek

img
Walikota Bandarlampung Herman Hn

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menggandeng transportasi ojek online Gojek untuk meningkatkan pelayanan publik dan memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kita akan kerja sama dengan gojek untuk lebih mempromosikan produk dari para pengusaha kecil," kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN, di Bandarlampung, Selasa (27-8-2019).

Menurut dia, dengan menggandeng transportasi berbasis aplikasi ini ke depan masyarakat yang memiliki usaha kecil dapat dipermudah dalam memperjualbelikan barang atau hasil karya mereka.

Dengan begini, lanjut dia, ke depan baik gojek maupun masyarakat akan sama-sama mendapatkan keuntungan yang akan berimbas kepada kemajuan perekonomian daerah.

Selain itu, Wali Kota Bandarlampung tersebut juga berkeinginan untuk melakukan inovasi dengan gojek untuk mempermudah masyarakat dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

"Saya ingin pembayaran PBB bisa melalui aplikasi gojek agar masyarakat tidak susah dalam membayar kewajiban mereka. Teknisnya mereka bayar melalui gojek nanti tinggal menyerahkan buktinya ke petugas yang ada di pemkot," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Wilayah Gojek bagian Subangsel Erika Agustin mengatakan bahwa visi gojek adalah sebagai pemberi pengaruh sosial kepada masyarakat pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Pemkot Bandarlampung dalam sistem pembayaran secara online.

"Untuk memajukan UMKM di Bandarlampung , kami dan pemkot akan bekerjasama melakukan sistem pembayaran berbasis online melalui gopay dan go food," kata dia.

Di sisi lain, dia juga mengungkapkan bahwa untuk pembayaran PBB melalui aplikasi gojek konsep masih dalam pembahasan bisanya hal ini lebih kepada pembayaran melalui gopay.

"Beberapa wilayah sudah melakukan seperti di Semarang dan Surabaya masyarakat sudah dapat melakukan sistem pembayaran PBB dan Pembuatan SIM dan STNK melalui gopay," kata dia. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos