Mentan Dorong Lampung Jadi Penggerak Pertanian Indonesia

img
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendukung Lampung menjadi penggerak komoditas di Indonesia.

Terlebih lagi, Mentan menyebut Gubernur Arinal Djunaidi memiliki energi besar untuk menjadikan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pertanian Indonesia.

“Pak Gubernur mau apa dari Menteri Pertanian? Saya siap,” ujar Mentan saat melakukan Kunjungan Kerja ke PT Great Giant Pineapple (GGP) Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Selasa (17-12-2019). 

Melihat berbagai potensi di Lampung, Syahrul optimis dan mendorong agar provinsi tersebut mampu menjadi penggerak komoditas pertanian Indonesia.

"Kita harus bisa menjadikan Lampung sebagai mentor agar berbagai komoditas dari buah tropis bisa diminati masyarakat dunia," jelasnya.

Sehingga, dia berharap Lampung juga bisa memberikan lapangan pekerjaan yang lebih luas guna kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Kami akan memberikan dukungan agar PT GGP ini yang merupakan kekuatan dari Lampung dan menjadi kekuatan bangsa agar Indonesia bisa lebih baik, jaya dan lebih sejahtera,” kata Mentan.

Mentan Syahrul menyoroti bahwa pertanian Indonesia harus bisa berkembang melalui ekspor. “Kehadiran kita untuk kepentingan bangsa negara agar lebih baik. Lelah impor. Saya paling malas. Kita baru bangga kalau kita merasa ekspor kita lebih besar daripada impor, untuk itu kita semua harus ambil bagian untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Syahrul siap berkomitmen dengan Provinsi Lampung untuk peningkatan ekspor komoditas khususnya nanas demi kesejahteraan maayarakat.

“Saya bersama Gubernur Arinal berkomitmen menjadikan Lampung yakni PT. GGP ini menjadi kebanggaan anak bangsa Indonesia, bahwa kita ekspor nanas terbesar yang ada di dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Arinal mengapresiasi kunjungan Mentan Syahrul yang memahami benar berbagai potensi yang ada di Lampung. “Terimakasih kepada Bapak Menteri karena dalam waktu singkat beliau sangat memahami begitu besar potensi Lampung,” ujarnya.

Gubernur berkomitmen akan memajukan Lampung melalui pertanian dan membawa kejayaan ekspor provinsi Bumi Ruwa Jurai.

“Banyak produk kita yang ada di tingkat nasional bahkan dunia. Ini tinggal tunggu waktunya sehingga Lampung akan berjaya pada masa yang akan datang begitu juga dengan ekspor kita akan berjaya. Kita harus mempertahankan mutu untuk ekspor kita lebih tinggi lagi,” kata Gubernur.

Arinal menyatakan akan mengusulkan untuk memasukan komoditas coklat ke pasar nasional. “Saya upayakan memenuhi kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu barulah kita terus meningkatkan kualitas, pengemasan ke tingkat ekspor,” ujarnya. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos