Pemprov akan Normalisasi Way Semaka

img
Kepala Dinas Cipta Karya dan PSDA Budi Dermawan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan melakukan normalisasi Way (Sungai) Semaka di Kabupaten Tanggamus.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Lampung Budi Dermawan mengatakan normalisasi itu dilakukan agar dapat mengembalikan fungsi sungai.

"Jadi ada program untuk normalisasi sungai. Supaya bisa mengembalikan sungai," ujar Budi saat ditemui di lingkungan Pemprov Lampung, Kamis (26-12-2019).

Selain itu, menurut dia, normalisasi sungai juga bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Seperti bencana alam.

"Ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi banjir atau bencana alam lainnya," ujarnya.

Dia menerangkan proses normalisasi yang dilakukan yakni pembuatan beton, penguatan tebing pembatas dan pembersihan.

Dia menyebut saat ini sudah mendapat izin terkait normalisasi tersebut. Meski demikian, saat ini sedang dalam proses desain perencanaan.

"Masih dalam proses desain untuk perencanaannya. Tapi kita sudah mengantongi izin untuk normalisasi," sebutnya.

Dia menerangkan normalisasi akan dilakukan secara bertahap. "Waktu mulainya belum direncanakan. Tapi normalisasinya dilakukan secara bertahal," tuturnya.

Dia menerangkan normalisasi memang telah harus dilakukan. "Apalagi saat ini tidak banyak hujan. Jadi kita lakukan normalisasi, agar nanti saat musim hujan tidak terjadi apa-apa," terangnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos