Pemasangan Ring Jantung dan Penyinaran Kanker Bisa di RSUAM

img
Direktur Utama RSUAM Hery Djoko Subandriyo.

MOMENTUM, Bandarlampung--Guna menunjang sebagai rumah sakit kelas A, RSUAM (Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek) Provinsi Lampung memiliki dua fasilitas baru; cathlab dan radiotherapy.

Laboratorium Kateterasi Jantung (cathlab) berfungsi untuk memasang ring. Sedangkan, radiotherapy untuk melakukan penyinaran terhadap penyakit kanker.

"Jadi dua itu fasilitas utama kita. Karena saat ini di RSUAM sudah menjadi kelas A," ujar Direktur Utama RSUAM Hery Djoko Subandriyo saat ditemui harianmomentum.com, Senin (6-1-2020).

Hery menjelaskan dengan adanya dua fasilitas tersebut, pasien yang ingin memasang ring di jantung dan menjalani penyinaran kanker bisa di RSUAM.

"Sudah tidak perlu lagi ke rumah sakit Jakarta kalau mau memasang ring dan penyinaran laser. Tapi bisa di RSUAM," jelasnya.

Meski demikian, dia mengatakan dua fasilitas tersebut masih memiliki kendala, karena pasien BPJS kesehatan tidak bisa menggunakannya.

"Sementara, BPJS belum mau membayar untuk pemasangan ring dan juga penyinaran kanker. Sehingga, untuk sementara ini masih melayani yang umum," terangnya.

Senada, Direktur Umum dan Keuangan RSUAM Elitha M Utari menyebutkan BPJS sudah melakukan visit terkait kerja sama tersebut.

Karena itu, Tari -sapaan akrabnya- berharap BPJS bisa segera menambah fasilitas kesehatan untuk pasien yang melakukan pengobatan jantung dan kanker.

"Jadi mereka bisa lebih menghemat biaya, tidak harus lagi ke Jakarta. Kalau di sana kan banyak yang dipikirkan, biaya makan, kos dan kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Terpisah, Kasubbag Humas RSUAM Ratna Dewi Ria mengatakan untuk biaya cathlab cukup mahal. "Bisa belasan hingga puluhan juta rupiah, kalau pasien umum," ujarnya.

Sehingga, Ria juga berharap BPJS bisa menambah fasilitas kesehatan tersebut. "Kalau sudah cover BPJS, kan lebih enak pasiennya juga tidak harus mengeluarkan biaya lebih," tuturnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos