Kamis, Pemprov Gelar Uji Kompetensi Eselon III

img
Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan menggelar uji kompetensi pejabat eselon III di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Selasa (7-1-2020).

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto mengatakan uji kompetensi tersebut untuk menempatkan orang-orang dengan kompetensi di jabatan yang tepat.

Terlebih lagi, menurut Fahrizal, jumlah pejabat lebih banyak dibandingkan dengan jabatan yang ada. Sehingga, perlu dilakukan uji kompetensi untuk menentukan SDM yang akan mengisi suatu jabatan.

"Sekarang kondisinya memang pegawai kita harus diakui kalau lebih banyak dari jabatan. Ada orang yang pangkatnya cukup, tapi belum dapat jabatan. Makanya dilakukan uji kompetensi ini," jelas Fahrizal di ruang kerjanya, Selasa (7-1-2020).

Dia menjelaskan dalam menempatkan seorang pegawai di suatu jabatan, harus dilihat dari beberapa faktor: kompetensi, rekam jejak, pendidikan dan prestasi kerja.

"Kompetensi sudah diatur oleh Permenpan dan Permendagri. Ini menjadi keharusan bagi kita agar regulasi diterapkan," jelasnya.

Dia menerangkan seluruh pejabat eselon III di lingkup Pemprov Lampung akan mengikuti uji kompetensi tersebut. "Ditambah dengan pejabat eselon IV yang pangkatnya sudah 3D lebih dari empat tahun dan orang-orang yang dulu pernah eselon III tapi tidak memiliki jabatan bisa mengikutinya," sebutnya.

Dia berharap hasil dari uji kompetensi itu akan menghasilkan pegawai-pegawai yang tepat dalam menduduki suatu jabatan. "Tentunya tidak semua orang yang mendapat jabatan, karena terbatas. Tapi kita sudah punya database, ini yang akan membentuk talent pool (menempatkan orang yang memiliki kompetensi)," tuturnya.

Sementara, Kabid Pengembangan Kepegawaian BKD Lampung Koharuddin mengatakan ada 250an pejabat eselon III di Pemprov yang akan mengikuti uji kompetensi tersebut. "Sekitar 250an pejabat nanti yang akan ikut," ujar Kohar. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos