Polisi Tangkap Otak Pelarian Tahanan di Mapolsek Tanjungkarang Barat

img
Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Yan Budi Jaya.

MOMENTUM, Bandarlampung--Aparat kepolisian akhirnya dapat menangkap otak yang merencanakan pelarian tujuh tahanan dari sel Mapolsek Tanjungkarang Barat.

Kapolresta Kombes Pol Yan Budi Jaya mengatakan, IK menyerahkan diri di daerah Sukarame. "Sudah tertangkap tadi siang ini yang sempat buron (IK)," kata Kombes Yan Budi, Minggu (2-2-2020).

Yan Budi menuturkan, IK menyerahkan diri dengan ditemani pihak keluarga. "Jadi IK ini kabur ke tempat saudaranya dan mereka itu menghubungi polsek," tuturnya.

Baca Juga: Dua Tahanan Kabur Buron, Kapolsek: Masyarakat Tetap Tenang

Selanjutnya, kata Yan, IK dijemput oleh pihak Polsek Tanjungkarang Barat. "Jadi yang bersangkutan menyerahkan diri diantar keluarga dikarenakan takut menjadi buronan," tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Tanjungkarang Barat Kompol Hari Budiyanto membenarkan pihaknya sudah mengamankan IK tahanan yang sempat kabur itu. "Sudah kami amankan, atas kerja sama masyarakat," kata Hari.

Menurut Hari, IK saat ini sudah berada di Polsek untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya termasuk upaya melarikan diri.

Disinggung terkait peningkatan kewaspadaan pasca upaya para tahanan melarikan diri, Hari tak menampiknya dengan menambahkan anggota.

"Jelas kami tingkat kewaspadaan, untuk antisipasi (segala hal)," ucapnya.

Hari juga mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir, lantaran situasi saat ini sudah kondusif.

Sementara Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan, tujuh tahanan ini satu diantaranya yang belum berhasil ditangkap merupakan otak dari perencanaan aksi. Baca Juga: Kapolresta: Residivis Narkoba Dalangi Kaburnya Tahanan

"Otak yang merencanakan itu inisialnya IK, merupakan tahanan narkoba dan residivis juga," tutur Pandra.

Pandra menjelaskan, tahanan ini melawan petugas yang piket pada saat mengontrol ruang tahanan. 

"Mereka bukan kabur karena nggak ada yang dijebol atau dirusak. Kalau dijebol atau dirusak baru ada tahanan kabur melarikan diri," tambah dia.

Diakuinya petugas piket juga tidak melihat ada gelagat sebelumnya para tahanan mau kabur. Sehingga petugas piket melakukan pemeriksaan rutin riap pagi hari seperti biasanya.

Baca Juga: Tujuh Tahanan Dikabarkan Kabur dari Sel Mapolsek Tanjungkarang Barat

"Kalau tau (tahanan mau mendorong pintu sel) pasti petugas nggak akan buka. Memang rutinitas tiap pagi mengecek dan menghitung jumlah tahanan," bebernya.

Dari 10 tahanan, tujuh orang merencanakan untuk melarikan diri. "Tahanannya ada 10, sisanya memang nggak berniat kabur. Sementara tujuh tahanan lainnya memang merencanakan kabur dengan cara melawan petugas," kata Pandra.

Baca Juga: Tahanan Kabur Sempat Rampas Motor Pelajar SMP

Tujuh tahanan ini tidak membawa senjata apapun namun mendorong pintu sel ketika petugas membuka kuncinya.

"Kalau petugas piket yang buka memang dua orang, Satu buka satu jaga. Kalau totalnya ada delapan petugas tapi nggak di situ semua," pungkasnya.

Lebih lanjut Pandra menyampaikan terima kasih atas kerja sama masyarakat yang telah membantu upaya penangkapan terhadap tahanan tersebut.

"Keberhasilan petugas dalam meringkus kembali para tahanan tersebut, tidak terlepas dari peran masyarakat sekitar yang ikut serta membantu," tegas Pandra.(iwd)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos