Pembangunan Infrastruktur Berdampak pada Majunya Pariwisata Lampung

img
Pemulukan cetik gamolan Lampung sebagai tanda diresmikannya layanan informasi pariwisata dan kalender pariwisata Lampung 2020 serta Lampung great sale. Foto: rbn

MOMENTUM, Bandarlampung--Pembangunan infrastruktur yang kian mantap di Provinsi Lampung mampu mendorong majunya sektor pariwisata di wilayah setempat. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik saat peluncuran layanan informasi pariwisata dan kalender pariwisata Lampung 2020 serta Lampung great sale yang berlangsung di Taman Gajah, Enggal, Kota Bandarlampung, Minggu sore (9-2-2020).

Menurut Nunik, kunjungan wisatawan yang datang ke Provinsi Lampung semakin meningkat, dari tahun ke tahun. "Pada 2019, jumlah wisatawan mencapai sekitar 10.743.918 yang terdiri dari wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara," kata Nunik.

Menurut Nunik, peningkatan wisatawan tersebut salah satunya berkat pembangunan infrastruktur yang memadai di provinsi setempat. "Bandara sudah menjadi internasional, akses jalan tol sudah sampai ke Provinsi Sumatera Selatan dan dermaga eksekutif sudah bagus," jelasnya.

Untuk lebih meningkatkan sektor pariwisata, pemerintah provinsi (pemprov) setempat akan turun tangan, menambah pembangunan destinasi wisata di kabupaten/kota. 

“Sudah ada jenis anggaran baru yang kita alokasikan untuk destinasi wisata sesuai dengan prioritas," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Edarwan berharap, infrastruktur yang memadai di provinsi setempat dapat meningkatkan jumlah wisatawan di provinsi setempat. Bahkan di 2020, Edarwan menargetkan kunjungan wisatawan mencapai sekitar 11 juta.

"Jadi infrastruktur saat ini bukan lagi menjadi masalah untuk mengembangkan sektor pariwisata," ujarnya.

Untuk lebih meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Lampung, pemprov setempat akan bekerjasama dengan pihak hotel. "Kami adakan diskon besar-besaran untuk hotel, 30 hingga 40 persen," ujarnya.

Selain hotel, beberapa bidang usaha lain juga akan diturunkan harganya. "Ini semua upaya kita untuk menarik wisatawan agar datang ke Provinsi Lampung," jelasnya.(vaw/acw)



Leave a Comment