Gubernur Ingatakan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat

img
Gubernur Arinal Djunaidi saat memberi sambutan dalam percepatan pengelolaan dana desa.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi meminta anggaran dana desa digunakan untuk pembangunan, sehingga masyarakat lebih sejahtera.

Menurut gubernur, dan desa digunakan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Salah satunya melalui percepatan pembangunan desa.

"Pemerintah Provinsi Lampung terus bersinergi dengan pemerintah pusat untuk melaksanakan program untuk  mendorong percepatan pembangunan pedesaan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," jelas gubernur, Selasa (18-2-2020).

Karena itu, gubernur mengingatkan agar dana desa diprioritaskan untuk pembangunan kawasan pedesaan.

"Alhamdulillah, penyelenggaraan pembangunan melalui dana desa dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tuturnya.

Gubernur menyebutkan dana desa merupakan program Presiden Joko Widodo. Ada tiga hal yang menjadi arahan presiden:

Pertama, pemanfaatan dana desa dimulai pada awal tahun dan diutamakan pemanfataannya melalui pola program padat karya,  yang memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin di Desa.

Kemudian, penggunaan dana desa diarahkan untuk menggerakkan sektor produktifitas. Mulai dari pengolahan pasca panen, industri kecil, budidaya perikanan, desa wisata, dan industrialisasi pedesaan yang mampu menjadi pengungkit ekonomi Desa.

"Ketiga, pengelolaan dan pemanfaatan dana desa harus dengan manajemen yang baik    diikuti oleh pendampingan lapangan yang memadai. Sehingga tata kelola Dana Desa semakin partisipatif, transparan dan akuntabel," jelasnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos