Basarnas Lampung Gelar Latihan Pertolongan di Permukaan Air

img
Peserta Palatihan Basarnas Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan SAR atau pencarian dan pertolongan Nasional (Basarnas) Provinsi Lampung menyelenggarakan pelatihan teknik pertolongan di permukaan air.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Basarnas Lampung, Branti, Kecamatan Natar, Lampung Selatan diikuti 50 perserta dari berbagai instansi.

Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa mengatakan, kegiatan pembinaan berlansung selama enam hari. Mulai 13 hingga 18 Maret 2020.

"Pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan di permukaan air. Sehingga Basarnas dalam operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi," kata I Ketut Parwa saat membuka kegiatan tersebu,  Jumat (13-3-2020).

Pelatihan tersebut dibagi dua sesi:  sesi materi dilaksanakan di Mako Basarnas Lampung. Sedangkan sesi praktik akan dilakukan di kolam renang Markan Yonif 143 dan Pantai Duta Wisata.

“Semoga pelatihan ini dapat menghasilkan kader SAR yang berkompeten, bertanggung jawab, serta memiliki semangat kemanusiaan dan kepedulian tinggi untuk memberikan pertolongan pada sesama,” harapnya.

Hal senada dikatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Jumaril. Menurut dia, saat ini keberadaan petugas SAR di tempat wisata, baru sebatassaat ada even tertentu.

"Hal itu karena jumlah personil dan peralatan yg terbatas. Namun jalur koordinasi tetap terjalin terus dengan pihak pengelola wisata sehingga bila terjadi hal emergency Basarnas siap diturunkan," terangnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos