UBL Tetap Beraktivitas Selama Pandemi Covid-19

img
Banner kegiatan workshop kerja sama antara UBL dengan GEMA TAAT./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Bandar Lampung (UBL) membuktikan kegiatan akademiknya tetap berjalan meski di tengah pandemi Covid-19.

Bahkan, UBL bekerjama sama dengan Gerakan Bersama Kita Kuat (GEMA TAAT) sukses menggelar workshop Coding and Robot secara online yang yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis, selama bulan Ramadan, dari tanggal 28 April hingga 19 Mei 2020.

Menggandeng narasumber Riza Muhida, Ph.D dosen dan peneliti di program studi Teknik Mesin UBL dan juga Vice President of ROCI (Robotic Organizing Committee Indonesia), workshop yang dibuka oleh Rektor UBL Prof. Dr. Ir. M Yusuf S Barusman, MBA dan Chairman ROCI, Ir. Santoso Gondowidjojo, M. Mus diikuti tidak kurang dari 900an peserta setiap sesinya.

Kegiatan workshop online menggunakan media ZOOM ini dimakudkan untuk meningkatkan semangat para remaja, mahasiswa, masyarakat dalam mengisi kegiatan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah sekaligus agar meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam menghadapi Pandemi Covid-19, demikian diungkapkan Riza Muhida saat diwawancara secara daring, Selasa (19-5-2020).

“Materi workshop ini dimulai dari mengenal Coding dan Robot kemudian membuat coding pertamaku, membuat traffic light, membuat program suara dengan handphone, mengenal sensor di HP, akusisi data dari sensor, mengenal program if then, ekplorasi sensor di HP, membuat tombol push button, ekplorasi output di HP: vibrator, camera, speaker, lampu blitz, dan screen. Kemudian membuat proyek menggunakan sensor dan output HP, elektronika, simulator circuit, coding simulator, membuat CCTV, dan proyek praktis,” tambah Riza.

“Setiap sesi workshop ini selalu diikuti dengan semangat oleh para peserta. Ini terlihat dari jumlah peserta yang tidak pernah kurang dari 900an peserta setiap sesinya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat mulai usia anak-anak, remaja, guru, dosen dan orang tua. Bahkan peserta tersebut berasal dari seluruh Indonesia dan ada juga dari mancanegara, seperti dari Amerika Serikat, Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Bahrain. Selain itu beberapa professor juga memberikan materinya seperti Prof Hoon dari Malaysia. Kegiatan ini akan ditutup dengan Ujian Online pada hari ini (Selasa,19-5-20). Bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat digital dari ROCI dan UBL,” pungkas Riza.(rls)

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos