Sapa Warga, Rycko Siapkan Pemerataan Pembangunan di Bandarlampung

img
Bakal Calon Walikota, Rycko Menoza SZP menyambangi warga Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dari rumah ke rumah, Bakal calon walikota Rycko Menoza SZP mengunjungi dan menyapa langsung warga di sejumlah kecamatan se Bandarlampung.

Selain menampung aspirasi, Rycko bersama Ketua DPD II Yuhadi dan Fraksi Golkar DPRD Bandarlampung menyalurkan bantuan dari partai tersebut.

Rycko mengatakan, kegiatan ini tidak hanya menyalurkan bantuan kepada masyarakat, namun ingin melihat langsung kondisi masyarakat di pinggiran Kota Bandarlampung.

Menurut dia, dengan turun ke masyarakat maka bisa mendengarkan langsung keluhan dan aspirasi masyarakat yang nanti menjadi program prioritas apabila diberikan amanah memimpin Bandarlampung.

“Dengan upaya ini kita tahu kebutuhan guna pemerataan pembangunan bagi masyarakat di setiap wilayah yang selama ini kurang sentuhan pemerintah,” ujar dia, di Bandarlampung, Jumat (26-6-2020).

Salah satu warga di Kelurahan Gedongpakuon, Telukbetung Selatan, Anisa mengucapkan terima kasih atas keperdulian kepada warga dan memberikan bantuan tersebut.

Ia mendoakan dan mendukung Rycko Menoza supaya bisa memimpin Bandarlampung. Namun, saat terpilih agar benar-benar memperhatikan nasib masyarakat kecil.

Annisa mengaku, bersama puluhan tetangganya mengontrak satu bedengan kecil itu kesulitan mendapatkan air bersih serta tidak memiliki sanitasi MCK.

“Kami tidak memiliki saluran air, jadi ke sungai untuk nyuci dan lainnya,” kata Anisa yang tinggal beberapa puluh meter dari sungai setempat.

Ia berharap, ada pihak yang memberikan bantuan agar warga sekitar memiliki sanitasi MCK yang baik dan kebutuhan air bersih secara gratis.

“Kami bayar kontrakan sebulan Rp400 ribu saja susah, gimana mau bayar yang lain-lain,” kata Annisa.

Kondisi serupa juga terjadi di salah satu sudut pemukiman warga di Kelurahan Sumurputri. Dengan akses gang sempit diantara rumah-rumah mewah masih banyak masyarakat yang hidup dalam kondisi kurang layak.

Mereka tinggal di rumah-rumah sempit berdinding triplek, berlantaikan tanah. Pemukiman warga ini tidak memiliki sumber air, drainase, sanitasi MCK, dan tempat pembuangan limbah rumah tangga.

Warga mengaku karena tingginya biaya hidup sehingga membangun tempat tinggal seadanya lokasi pinggiran kota itu bersama keluarganya sejak bertahun-tahun.

Mereka berharap pemerintah juga memperhatikan pembangunan di pinggiran kota itu dan difasilitasi agar bisa hidup dengan lebih layak bersama keluarga.

Ketua DPD II Golkar Bandarlampung, Yuhadi mengatakan, tujuan lain kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19).

Oleh karena itu, dia berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan menuju normal baru, seperti sering mencuci tangan, dan mengenakan masker saat keluar rumah.

Sejak Rabu (24-6) sampai Jumat (26-6), Rycko Menoza menyambangi ratusan rumah warga di 18 kelurahan se Kota Bandarlampung. Kunjungan itu akan berlangsung hingga beberapa pekan ke depan.(**)

Editor: Agus Setyawan/rls



Leave a Comment