Dukung Ketahanan Pangan, Polresta Giatkan Budidaya Hidroponik

img
Budidaya tanaman Hidroponik di halaman rumah dinas Kapolresta Bandarlampung./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Tidak melulu berurusan dengan kriminalitas, aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung pun turut aktif mendukung program ketahanan pangan.

Sebagai salah satu upaya mengurangi dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), personel Polresta aktif dalam pembudidayaan tanaman Hidroponik.

Memanfaatkan lahan kosong, anggota Polresta menanam ratusan bibit dari berbagai jenis tanaman di halaman rumah dinas jabatan Kapolresta Bandarlampung.

Berbagai jenis tanaman tersebut diantaranya jenis sayuran: Kangkung, Selada, Pokcoy, Sawi dan Pagoda.

Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Yan Budi Jaya menjelaskan, kegiatan itu dilakukan guna mendukung program ketahanan pangan serta menjaga stabilitas ketersediaan pangan.

"Bukan hanya Polresta Bandarlampung, saya juga memerintahkan jajaran Polsek untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam guna mendukung program ketahanan pangan," Kata Yan Budi, Minggu (28-6-2020).

Ia juga mengatakan, dampak pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan, sehingga perlu ada antisipasi dengan menciptakan lahan pertanian baru yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan menuju era normal baru.

Terlebih, menurut dia, hidroponik sangat cocok untuk diterapkan, karena hanya membutuhkan air, dan bisa dilakukan di halaman rumah.

Kapolresta berharap apa yang telah dilakukan itu mampu memberikan kontribusi dan mendorong berkembangnya usaha kecil serta mendukung terwujudnya peningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Nanti hasil dari budidaya ini rencananya akan kita bagikan kepada masyarakat, sekaligus memberikan edukasi untuk menyiapkan bahan pangan secara mandiri dengan metode hidroponik," jelasnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agus Setyawan




Leave a Comment