Cabul.! Dua Guru Silat Dibekuk di Pringsewu

img
Dua oknum guru silat diamankan Polsek Sukoharjo karena dugaan melakukan pencabulan sesama jenis kepada belasan korban./ist

MOMENTUM, Pringsewu--Dua oknum guru silat diduga telah melakukan pencabulan terhadap belasan korban sesama jenis yang masih di bawah umur. 

Akibat perbuatannya itu kedua pelaku yakni IM alias Tole (38) dan IP (41) ditangkap jajaran Unit Reskrim Polsek Sukoharjo Polres Pringsewu, pada Selasa 7 Juli 2020.

Kapolsek Sukoharjo Iptu Musakir mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri menyatakan diamankanya kedua pelaku tersebut berdasarkan pengaduan orangtua korban ke Polsek Sukoharjo pada 2 dan 3 Juli lalu. 

Dalam pengembangannya, korban pencabulan dari pelaku IM tersebut tercatat ada 18 korban, sedang pelaku IP korbannya enam orang. Para korban berusia antara 13 hingga 15 tahun. "Dari jumlah korban tersebut, dimungkinkan bisa bertambah," jelas Iptu Musakir, Rabu (8-7).

Saat ini kedua terduga pelaku sudah diamankan di Mapolsek Sukoharjo guna menjalani proses pemeriksaan serta pengembangan kasus lebih lanjut. 

Berdasarkan keterangan korban, Kapolsek Sukoharjo mengatakan, sebelum melakukan perbuatan cabul tersebut, pada awalnya korban mengikuti kegiatan latihan beladiri pencak silat yang dilaksanakan di salah satu Pekon Kecamatan Banyumas.

Ketika beristirahat, korban dipanggil oleh pelaku ke rumah kosong dekat tempat latihan silat. Setelah berada dalam rumah kosong, kemudian pelaku melakukan perbuatan cabul.

Para korban tidak menolak ajakan itu, mereka mengaku takut karena status pelaku merupakan orang penting dalam organisasi pencak silat tersebut.

"Selain itu jika para korban menolak maka mereka takut apabila tidak diterima masuk menjadi anggota di organisasi pencak silat tersebut,"jelas Iptu Musakir berdasarkan pengakuan para korban. 

Bahkan para korban mengaku perlakuan pencabulan lebih dari sekali.

Kapolsek Sukoharjo mengatakan, terbongkarnya kasus tersebut berawal dari kecurigaan salah satu orangtua korban terhadap tingkah laku anaknya yang berbeda dari sebelumnya. "Korban akhirnya pada mengaku sering diajak bermasturbasi oleh pelaku sehingga orangtua korban melaporkannya ke polisi," jelasnya. 

Maka untuk mengetahui kejiwaan pelaku, Polsek Sukoharjo akan mengundang tim psikologi guna melakukan pemeriksaan. 

Atas perbuatannya itu, kedua pelaku dijerat pasal 28 Undang-undang 23/2002 tentang Perlindungan Anak. "Ancaman pidana penjara maksimal paling lama 15 tahun," terang Kapolsek Sukoharjo.

Pengakuan pelaku, IM alias Tole menyebutkan aksi tak terpujinya itu sudah berlangsung sejak tahun 2015. Namun, pada tahun 2016-2018 kelainan seksual tersebut sempat berhenti.

Memasuki 2019 hingga 2020, pelaku kembali melakukan perbuatan tersebut kepada para korban yang tidak lain merupakan anak didiknya.

Sedang IP mengaku kelainan seksual tersebut diakuinya sejak 2020 dan telah melakukan pencabulan terhadap enam anak didiknya. "Saya baru melakukan pada 2020," katanya.(**)

Laporan: Joko Sulistyo

Editor: Agus Setyawan







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos