Tahun Ajaran Baru, Bupati Tinjau Kesiapan Instansi Pendidikan di Pesibar

img
Suasana keakraban Bupati Agus Istiqlal dengan guru di Kabupaten Pesibar.

MOMENTUM, Pesisir Barat--Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal meninjau kesiapan instansi pendidikan dalam menyambut tahun ajaran baru selama masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Dalam peninjauan, Senin (13-7-2020), bupati didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Jon Edwar dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar.

Kepala Disdikbud, Jon Edwar mengatakan pada tahun ajaran baru pada prinsipnya siswa yang masuk sekolah hanya siswa baru. "Kalau tingkat SD hanya kelas I, sedangkan SMP hanya kelas VII," terang Jon.

Menurut dia, masuknya siswa baru ke sekolah, maksimal berlangsung selama tiga hari atau biasa disebut dengan Masa Orientasi Siswa (MOS). "Tujuannya agar pihak sekolah bisa melakukan tahap pengenalan, penyampaian modul, dan penyampaian standar operasional di masing-masing satuan pendidikan," tandasnya.

"Setelah tiga hari masuk sekolah, selebihnya siswa baru tersebut melakukan aktivitas Belajar dari Rumah (BDM),"  tukas Jon.

Sementara itu, Bupati Agus Istiqlal menyampaikan saat ini satuan pendidikan di masing-masing wilayah mulai mempersiapkan berbagai tahapan memasuki tahun ajaran baru yang akan segera berlangsung, meski masih pandemi Covid-19.

"Pandemi ini adalah peringatan bagi kita semua. Covid-19 sama sekali tidak terlihat, dan korbannya lebih banyak. Maka dari itu mari kita laksanakan tahapan pendidikan dengan tetap menjaga kesehatan sesuai dengan imbauan yang sudah sejak lama digaungkan pemerintah," tegas Bupati.

Bupati juga mengimbau agar pihak sekolah dengan ketat melakukan pemantauan terhadap anak didiknya dalam melangsungkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilaksanakan BDM. "Bagaimanapun juga pelaksanaan BDM harus dipantau secara rutin, sehingga anak didik dimaksud bisa mendapatkan ilmu sesuai harapan kita," pungkasnya.(**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos