Tutup Operasi Patuh Krakatau, Polresta Buka Rapid Tes Drive Thru di Tugu Adipura

img
Suasana rapit test drive thru yang digelar jajaran Polresta Bandarlampung./iwd

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam rangka penutupan Operasi Patuh Krakatau 2020, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandarlampung gelar rapid test drive thru kepada pengendara di bundaran Tugu Adipura kota Bandarlampung, Rabu (5-8-2020).

Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Yan Budi Jaya mengatakan, rapid test ini dikhususkan bagi pengguna jalan yang melintas di Tugu Adipura.

"Jadi dengan adanya rapid test drive thru gratis ini untuk masyarakat yang masih ragu apakah terkena Covid-19, silahkan bisa di sini dengan mengendarai kendaraan," ujar Yan Budi.

Yan Budi menuturkan, jika ditemukan pengendara yang reaktif, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung untuk dilakukan isolasi. 

"Kita akan langsung tes, apabila ada yang positif sudah ada petugas dari Dinas Kesehatan untuk dilakukan isolasi mandiri," ucapnya. 

Selain itu, Polresta Bandarlampung tetap berkoordinasi dengan pemerintah kota, TNI baik Kodim 0410 Kota Bandarlampung dan Denpom II/3 Lampung. 

"Tidak juga terlepas dari Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung dan satuan tugas. Kita laksanakan ini dan selalu kita koordinasikan dengan satuan tugas," papar dia. 

Yan Budi melanjutkan, dalam kegiatan ini pihaknya menargetkan melakukan rapid test terhadap 60 pengendara.

"Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan banyaknya personil dan didukung seluruh elemen," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan kota Bandarlampung Edwin Rusli menuturkan, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan rapid test Drive thru gratis tersebut.

"Hari ini kita siapkan 60 alat tes rapid, sesuai dengan permintaan Polresta. Karena ini berjalan cukup baik, jika ada yang meminta dukungan pelaksanaan kegiatan serupa, Pemkot siap dukung," ucapnya.

Edwin menambahkan, jika hasil tes pengendara ada yang menunjukkan reaktif, maka pihaknya akan meminta pengendara tersebut untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 10 hari untuk kemudian kembali dilakukan tes.

Hal itu, kata Rusli, sesuai dengan petunjuk kelima Kementerian kesehatan Republik Indonesia.

Sementara salah seorang pengendara Andri Ramadhan menyambut baik adanya rapid test drive thru gratis tersebut. 

"Keren banget ini acara. Terima kasih pada Lantas Polresta, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung yang telah memfasilitasi acara ini. Semoga covid cepat berlalu," harapnya.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan



Leave a Comment