SMAN 1 Tulangbawang Tengah Juara Pertama Liga Tari Provinsi Lampung

img
Siswi SMAN 1 Tulangbawang Tengah penari Tari Ngurau. Foto. Ist.

MOMENTUM, Panaragan--Sanggar Buntara Budaya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) meraih juara pertama Liga Tari Provinsi Lampung. 

Menampilkan Tari Ngurau, SMAN 1 Tulangbawang Tengah berhasil menyingkirkan pesaingnya dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Lomba dilaksanakan pada 24-26 Agustus di Taman Budaya Bandarlampung. 

Suhendi Yopi, korografer atau penata tari, menjelaskan Tari Ngurau terinspirasi dari kegiatan gadis Lampung dalam mengundang masyarakat untuk hadir di pesta adat masyarakat Pepadun, Tubaba.

"Biasanya, gadis-gadis tersebut mengenakan kain sarung dan payung untuk pergi ke rumah-rumah mengundang masyarakat untuk hadir dalam pesta adat perkawinan," ungkapnya, Senin (31-8-2020).

Dijelaskan, tari itu menggambarkan tentang ketulusan dan kegembiraan gadis Lampung dalam menyampaikan undangan kepada masyarakat untuk menghadiri acara pernikahan adat Pepadun. 

"Kehadiran Rhato dan Burung Gamda (Kereta Kencana,red) menambah megah dan sakralnya acara tersebut," jelasnya.

Tari Ngurau itu dibawakan lima siswi SMAN 1 Tulangbawang Tengah. Yaitu, Putri khoirina, Tariza Ariska, Septia Wulandari, Nina Nailatul Muna, dan Anis Saputri.

"Kemenangan ini diharapkan dapat memberikan semangat bagi seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Tubaba untuk terus berkarya dan meraih prestasi," harapnya. (*).

Laporan: Solihin.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos