Polda Lampung Siap Amankan Pilkada Serentak 2020

img
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad./iwd

MOMENTUM, Bandarlampung--Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Lampung siap memberikan pengamanan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Pilkada serentak akan dilaksanakan di delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung pada 9 Desember mendatang. Delapan kabupaten/kota itu, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Waykanan, Pesawaran, Pesisir Barat, Bandarlampung, dan Metro.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa tahapan dalam rangka pengamanan pesta demokrasi tersebut.

"Rencana operasi secara terpusat dan dilaksanakan di 34 Polda seluruh Indonesia termasuk Lampung. Khusus di Polda Lampung sudah membuat rencana Operasi Mantap Praja Krakatau 2020," ujar Pandra saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2-9).

Pandra menerangkan, tahapan Pilkada serentak tersebut telah dilakukan sejak akhir Agustus 2020 lalu.

"Terbaru, tahapan akan memasuki masa pendaftaran bakal calon di masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota," kata dia. 

Pandra melanjutkan, dari delapan daerah yang melaksanakan pesta demokrasi tercatat ada 10.675 tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk itulah, kita akan mempersiapkan semua kebutuhannya guna memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat mengikuti pesta demokrasi tersebut.

"Kami telah koordinasikan sebanyak 41.026 personel gabungan guna pengamanan tersebut. Rincian, anggota Polri sebanyak 6.090 personel, TNI 520 personel, dan Linmas 34.416 personel," papar Pandra. 

Menurut Pandra, pengamanan itu bertujuan agar pemilu kepala daerah berjalan sukses. Dengan demikian, Operasi Mantap Praja akan dimulai Kamis 3 September hingga 31 Desember mendatang.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos