Wagub: Pengelolaan Sampah di Lampung Belum Maksimal

img
Puncak peringatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2020 di Provinsi Lampung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Puncak peringatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2020  di Provinsi Lampung dilaksanakan di Lapangan Kalpataru Kecamatan Kemiling Bandarlampung, Sabtu (19-9-2020).

Peringatan WCD atau bersih-bersih sampah yang dipimpin Wakil Gubernur Lampung Chusnunia atau Nunik, itu dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan berbagai komunitas peduli lingkungan.

Kegiatan ini diperingati serentak di 150 negara, termasuk Indonesia, sejak tanggal 12 sampai 18 September 2020. Dengan melakukan pemilihan sampah di lingkungan rumah masing-masing warga. 

Disebutkan, kegiatan ini bertujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah.

Menurut  pimpinan WCD Lampung, Arif Bagas Kesuma --mahasiswa semester V Teknik Sipil Itera, tujuan gerakan ini untuk mengajak masyarakat Lampung  peduli terhadap lingkungan, terutama penanganan dan pengelolaan sampah di lingkungannya. 

Wakil Gubernur Chusnunia dalam sambutannya mengungkapkan, saat ini penanganan dan pengelolaan sampah di Provinsi Lampung belum maksimal.

Menurut Nunik, penanganan sampah di Lampung belum terpilah-pilah dan belum memiliki nilai tambah. Diharapkan, ke depan lebih baik dan target Indonesia bersih pada 2025 dapat terwujud melalui kegiata ini.

Kebersamaan menjadi kunci keberhasilan penanganan dan pengelolaan sampah. "Ayo kita bergerak bersama, diharapkan semua bisa ikut berperan dalam pengelolaan sampah dan menjaga ligkungan", ajaknya.

"Saya berpesan kepada para generasi muda untuk menjadi penggerak untuk mengajak masyarakat untuk berperan aktif dan peduli lingkungan", tambahnya. (*).

Laporan: Nur/Rls.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos