Dua Hakim Reaktif, PN Tanjungkarang 'Rapid Test' Massal

img
Suasana Rapaid Test yang dilaksanakan jajaran PN Tanjungkarang./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungkarang menggelar rapid test atau tes cepat bagi seluruh hakim dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi setempat.

Hal itu dilakukan pasca adanya dua orang hakim yang menunjukkan hasil reaktif usai menjalani rapid test sebelumnya.

Wakil Ketua PN Kelas IA Tanjungkarang Dadi Rachmadi mengatakan, rapid tes diikuti puluhan pegawai guna mengetahui lebih lanjut apakah ada lagi pegawai dan hakim yang reaktif.

"Memang sebelumnya ada dua orang hakim yang mengikuti rapid test di luar dan ternyata ada reaktif. Makanya kami upayakan seluruh personel untuk ikut tes. Nanti kita tahu dari seluruh ini untuk tindaklanjutnya seperti apa. Mudah-mudahan dari semua yang kami rapid ini tidak ada reaktif," ujar Dadi, Rabu (30-9-2020).

Dia menuturkan, terhadap kedua hakim yang reaktif tersebut saat ini telah dilakukan tes swab. Selain itu keduanya juga melakukan isolasi mandiri dan diwajibkan untuk tidak datang ke kantor terlebih dahulu.

"Mereka diwajibkan untuk kerja dirumah terlebih dahulu. Tidak perlu melakukan kegiatan di kantor dulu. Ini juga untuk mengantisipasi agar tak terjadi apa-apa," jelasnya.

Dadi menambahkan, diketahui bahwa adanya dua orang hakim yang dinyatakan reaktif itu lantaran melakukan rapid tes pada Senin (28-9) lalu. 

"Nah pada Selasa (29-9) baru dilakukan tes swab. Sampai saat ini kita juga belum tahu hasilnya apakah positif atau negatif. Karena belum ada kabar, namun sudah isolasi mandiri. Kami jaga-jaga untuk tidak ada kontak dulu," ungkapnya.

Dadi mengungkapkan, rapid tes ini merupakan rapid kedua yang digelar PN Tanjungkarang setelah sebelumnya dua bulan lalu juga sempat dilakukan rapid tes terhadap pegawai.

Sedangkan untuk rapid test massal ke seluruh pegawai PN Kelas IA Tanjungkarang, pihaknya belum mengetahui hasilnya. Apakah ada yang reaktif atau tidak.

"Sebetulnya kegiatan ini sudah dua kali dilakukan. Hari ini dilakukan lagi karena sudah dua bulan jadi tes lanjutannya. Ini keseluruhan, pertama itu tidak keseluruhan," jelasnya.

Dadi berharap, ke depan seluruh pegawai dan ASN di PN Kelas IA Tanjungkarang hasilnya non reaktif.

"Ya harapan kami seperti itu. Sama halnya juga dengan dua hakim yang reaktif. Semoga hasil tes swabnya negatif," pungkasnya.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos