Pemprov Dorong UMKM Terdampak Covid-19 Tetap Semangat

img
Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang, meski di tengah pandemi covid-19.

Gubernur Arinal Djunaidi menyatakan akan mendukung UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Guna mendukung pelaku UMKM yang terdampak covid-19 tetap semangat.

"Kita selalu berikan semangat. Kita selalu berikan fasilitas. Jadi kita akan dukung keuangannya, melalui kredit usaha rakyat," kata Arinal di Hotel Sheraton, Rabu (21-10-2020).

Terlebih, gubernur meyakini, pandemi covid-19 akan selesai. Sehingga, saat covid-19 selesai, pelaku UMKM akan tetap berkembang.

"Saya yakin, Allah itu menciptakan sesuatu (wabah) pasti ada penyelesaiannya. Jangan sampai saat selesai, UMKM kita jadi tidak terkendali," tuturnya.

Karena itu, Pemprov menginventarisir jumlah UMKM di Lampung dan kondisinya di tengah pandemi global tersebut.

"Kita perlu melakukan inventarisasi seberapa banyak UMKM di Lampung dan bagaimana kondisinya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Agus Nompitu menyatakan, pelaku UMKM mengalami hambatan akibat covid-19.

Sehingga, Pemprov berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak dengan berbagai program.

"Walau di tengah pandemi akan kita utamakan untuk memberikan bantuan bagi pelaku UMKM di Lampung," tuturnya.

Sebelumnya, Agus menyebut ada 1.683 pelaku UMKM dan 80 koperasi di Lampung yang terdampak covid-19.

Karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM menyiapkan tujuh program. Antara lain: layanan toko atau warung pesan kirim, pemasaran online, stimulasi bagi koperasi dan UMKM.

Kemudian, memberdayakan usaha produksi koperasi dan UMKM, pelatihan online, kartu prakerja dan memfasilitasi restrukturisasi. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos