Satlantas Pringsewu Bagikan Helm Gratis

img
Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu memberi edukasi lalu lintas sekaligus membagikan helm dan masker gratis pada Operasi Zebra tahun 2020./ist

MOMENTUM, Pringsewu--Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pringsewu membagikan helm gratis dalam Operasi Zebra Krakatau 2020.

Kegiatan dipusatkan diseputaran Tugu Selamat Datang Rest Area Wates Kabupaten Pringsewu, Minggu (1-11).

Kasat Lantas Iptu Bima Alief Caesar mewakili Kapolres AKBP Hamid Andri Soemantri menjelaskan, Operasi Zebra yang digelar sejak 26 Oktober lalu berbeda dari tahun sebelumnya. 

"Pihak Kepolisian kali ini lebih banyak memberi edukasi kepada para pengendara tentang tata tertib lalu lintas dan protokol kesehatan (prokes)," ujar dia.

Menurut dia, selain membagikan masker gratis kepada para pengendara yang tertib berlalu lintas, penggendara motor yang tidak memakai helm pun diberikan helm secara gratis.

“Selain bagi bagi masker dan helm gratis, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya memakai helm untuk keselamatan saat berkendara,” jelas Iptu Bima Alief.

Dalam operasi kali ini, pihaknya lebih menonjolkan edukasi bagi para pengguna jalan terkait pentingnya mematuhi prokes untuk mencegah penyebaran COVID-19. "Kami juga membagikan brosur dan stiker ke para pengendara berisi ajakan memakai masker dan tentang Operasi Zebra Krakatau 2020," ujar Iptu Bima.

Kasat Lantas Pringsewu menambahkan, kegiatan itu tidak hanya terpaku pada penindakan kepada pelanggar lalu lintas, tetapi lebih mengedepankan simpatik dan edukasi kepada masyarakat.

Sebab melalui cara simpatik ini, diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga keselamatan di jalan dengan mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kami juga berharap masyarakat sadar untuk disiplin memakai masker. Di masa pandemi saat ini, jangan sampai operasi kepolisian yang kami gelar malah memberatkan masyarakat," imbuhnya. 

Terpisah Kabag Ops Polres Pringsewu AKP Martono mengungkapkan sejak 29 Oktober - 1 November 2020 pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan rapid test terhadap ratusan pengguna jalan yang diprioritaskan bagi warga yang berasal dari luar wilayah Provinsi Lampung.

"Sebanyak 220 orang warga luar Lampung telah menjalani rapid test, hasilnya semuanya non rekatif," jelasnya. (**)

Laporan: Sulistyo

Editor: Agus Setyawan 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos