Ratusan Warga Kotaagung Keracunan

Petugas medis melakukan pertolongan terhadap ratusan warga yang diduga keracunan./ist

MOMENTUM, Kotaagung--Ratusan warga Dusun Lamuran, Pekon Teratas, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus dilarikan ke RSUD Batin Mangunang lantaran diduga keracunan.

Penyebab keracunan massal hingga kini belum diketahui secara pasti, Rabu (16-12-2020).

"Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun berdasarkan cerita dari para pasien setelah mereka makan ada gejala mual, muntah, nyeri lambung bahkan ada sebagian yang tidak sadarkan diri," kata dr Yudi Indarto, dokter UGD di RSUD Batin Mangunang Kabupaten Tanggamus.

Menurutnya, jumlah pasien yang diduga keracunan makanan sekitar 100 orang. Pasien dari tiga RT di Dusun Lamuran, mulai berdatangan ke rumah sakit sekitar Pukul 17.00 wib. "Sampai Pukul 19.00 Wib, pasien masih berdatangan," ujarnya. 

Tonton Juga: Warga Dusun Lamuran Pekon Teratas Keracunan Massal

Petugas medis rumah sakit melakukan pertolongan dengan obat, kemudian pemasangan infus untuk pasien yang kondisinya sudah lemas, selanjutnya pemasangan oksigen untuk pasien yang tidak sadarkan diri.

"Peristiwa keracunan massal ini sudah masuk dalam kategori kejadian luar biasa (KLB)," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan pengakuan warga setempat yang namanya enggan dikorankan, sebelumnya warga memang sempat makan dirumah salah satu calon kepala pekon. Namun, menurutnya banyak juga warga yang tidak ikut makan tapi ikut mengalami keracunan. 

"Iya, pagi tadi ada yang makan di tempat salah satu calon, baru merasakan reaksinya siang, setelah itu tambah parah dan pada sore harinya langsung dibawa ke rumah sakit," ungkapnya.

Sementara itu, aparat pekon setempat membeberkan bahwa sebelumnya warga memang sempat makan pakai daging sapi dirumah salah satu calon kepala pekon. "Iya, mungkin keracunan makanan, tapi ada juga masyarakat yang berasumsi jika diguna-guna. Jadi belum pasti, karena banyak versi penyebabnya," bebernya.

Terpisah, Pj Kepala Pekon Teratas A. Hivzon saat dikonfirmasi di RSUD Batin Mangunang mengaku, baru menngetahui adanya warga yang dilarikan ke RSUD setelah dihubungi Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra. "Ditelpon Pak Camat magrib tadi, suruh ke RSUD Batin Mangunang, tibanya dirumah sakit baru tau kalau warga udah ramai disini," bebernya.

Sementara dari hasil pantauan Harianmomentum.com, saat ini para pasien sudah membaik dan sudah di perbolehkan pulang ke rumah masing masing. (**)

Laporan: Galih

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos