Evaluasi Pilkada Lampung, Begini Penilaian Komisi II DPR RI

img
Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan rombongan bersama Ketua KPU dan Bawaslu Lampung di Aula Hotel Bukit Randu.//acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan rombongan mengevaluasi hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Provinsi Lampung.

Acara yang turut dihadiri lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Provinsi Lampung itu bertempat di Aula Hotel Bukit Randu, Rabu (3-2-2021).

Doli mengatakan, secara umum pelaksanaan pilkada serantak se-Indoensia berjalan baik. Termasuk di Provinsi Lampung.

“Hari ini kita mendengar informasinya secara langsung, baik dari KPU maupun Bawaslu Provinsi Lampung. Saya bisa mengatakan pelaksanaan pilkada serantak delapan kabupaten/kota di Lampung berjalan baik,” kata Doli.

Meski demikian, sambung dia, sesukses apapun program pemilihan umum yang telah terlaksana, tetap harus dievaluasi.

“Tujuannya agar kita bisa melihat kekurangan yang terjadi. Sehingga pilkada mendatang bisa lebih baik lagi,” jelas wakil rakyat asal daerah pemilihan Sumatera Utara III itu.

Masih kata Doli, pengalaman pertama pilkada dalam masa pandemi menjadi catatan baru.

“Ini catatan sukses yang harus kita pelajari betul. Semoga pasca pandemi selesai, pilkada mendatang bisa lebih sukses lagi,” harap legislator asal Fraksi Golkar itu.

Baca juga: Ketua Komisi II Beberkan Empat Polemik Pilkada 2020

Hal senada dikatakan Anggota Komisi II DPR RI, Ahmad Muzani. Dia juga mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu Provinsi Lampung dalam mensukseskan Pilkada serentak 2020.

Sebab menurut legislator asal Fraksi Partai Gerindra itu, menggelar Pilkada di masa pandemi bukan perkara mudah.

“Di satu sisi ada tuntutan pesta demokrasi harus berjalan, disisi lain pencegahan covid-19 juga harus berjalan. Tapi Alhamdulillah Pilkada di Lampung tetap berjalan sukses tanpa menimpulkan cluster baru covid-19 di Provinsi Lampung,” ucap Wakil Ketua MPR RI itu.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos