Pedagang Pasar Jadi Prioritas Penerima Vaksin

img
ilustrasi/ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Setelah kelompok tenaga kesehatan dan aparat pelayanan publik, vaksinasi covid-19 di Kabupaten Pesawaran akan menyasar masyarakat umum. Termasuk para pedagang di pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pesawaran Sam Herman membenarkan, para pedagang di pasar akan menjadi prioritas penerima vaksin covid-19 tahap selanjutnya.

"Data sementara yang kita himpun, ada sembilan ribu pedagang ditambah seratus petugas pengelola pasar yang akan menjadi sasaran vaksinasi covid-19 tahap selanjutnya," kata Sam Herman pada Harianmomentum.com, Rabu (24-2-2021).

Jumlah sasaran penerima vaksin tersebut didapat dari hasil pendataan ppada lima pasar tradisional yang dikelola pemkab dan 24 pasar yang dikelola pemerintahan desa. 

"Selain para pedagang di pasar, vaksinasi covid-19  ini juga akan menyasar para pekerja di toko-toko modern atau waralaba," ungkapnya.

Nantinya. lanjut dia, proses vaksinasi untuk para pedagang tersebut akan dimulai dari pasar yang memiliki tingkat keramaian tinggi.

Meski demikian, Diprindag belum melakukan sosialiasi kepada para pedagang terkait rencana vaksinasi tersebut.

"Kalau untuk sosialisasi vaksin memang belum dilakukan, karena kami masih menunggu kepastian rencana tesebut. Jangan sampai sudah disosialisasikan dan para pedagang sudah siap, tiba-tiba masih terkendala," terangnya.

Dia juga mengimbau, nantinya jika rencana tersebut terlaksana, para pedagang tidak takut untuk divaksin. Pemerintah telah menjamin keamanan vaksin covid-19 yang akan digunakan.

"Keamanan vaksin ini sudah dijamin pemerintah. Jadi kalau nanti tiba giliran, tidak perlu takut divaksin karena untuk kebaikan kita semua," jelasnya.

Para pedagang dan pengunjung pasar juga diingatkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan untuk mencegah penularan covid-19.

Terpisah, salah satu pedagang pasar di Kecamatan Gedongtataan mengaku siap untuk divaksin. "Sebenarnya agak khawatir juga sih, tapi kalau memang sudah (keamanan) dijamin pemerintah, ya saya sih siap saja," ungkapnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos