Pekon Batutegi Jadi Percontohan KTN Tingkat Kecamatan

img
Peresmian KTN Pekon Batutegi, Airnaningan.

MOMENTUM, Airnaningan--Pekon Batutegi Kecamatan Airnaningan Kabupaten Tanggamus terpilih menjadi percontohkan kampung tangguh nusantara (KTN) tingkat kecamatan.

Pekon tersebut terpilih dengan sejumlah ketangguhan yang meliputi pangan, UMK, pariwisata, kamtibmas dan kesehatan. Termasuk tidak ada warga yang terpapar virus Corona di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Pekon Batutegi diresmikan sebagai KTN oleh Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya di Aula KPH Bendungan Batu Tegi, Sabtu (20-3-2021).

Tampak dalam peresmian tersebut, Ketua MUI Tanggamus KH. A. Wahid Zamas, Kasat Binmas AKP Irfansyah Panjaitan, Kapolsek Pulaupanggung Iptu Musakir, dan Camat Airnaningan Royensyah.

Selain itu, Danramil Pulaupanggung diwakili oleh Pelda Wijiarto, Kakon Batutegi Rahmat, KUPT Kesehatan Bambang Nurwanto, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.

Pada kesempatan itu, dirangkai dengan penyerahan bantuan bahan pokok kepada sejumlah warga. Kapoles juga mengecek posko KTN, rumah isolasi serta penebaran benih ikan milik kelompok wanita tani (KWT), penanamam pohon penghijauan.

Mewakili Kapolres AKBP Oni Prasetya, Kasat Binmas AKP Irfansyah mengatakan KTN tingkat kecamatan di Airnaningan merupakan yang kelima. Selanjutnya menyusul, kecamatan lainnya, seperti Limau, Talangpadang, Gisting dan Gunungalip.

Menurut dia, Batutegi memiliki sejumlah keunggulan di bidang pariwisata, UKM serta usaha yang dikelola KWT.

Sementara itu Kepala Pekon Batutegi, Rahmat mengatakan pekonnya mewakili 10 pekon yang ada di Airnaninang sebagai KTN.

Selain potensi pariwisata, pekonnya juga terdapat budidaya ikan yang kelola kelompok petani ikan.

"Alhamdulilah kami sudah dapat bantuan. Kami suahsering panen ikan nila dan gurame," ungkapnya. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos