Wariki Sutikno: Jangan Wariskan Politik Carut-Marut, Peran Media Besar

img
Sambutan Direktur Politik dan Komunikasi Bapennas Wariki Sutikno di pembukaan UKW PWI Provinsi Lampung. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Direktur Politik dan Komunikasi Bapennas Wariki Sutikno hadir dalam pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung.

UKW angkatan ke-23 tersebut bertempat di aula Swisbel Hotel, Kota Bandarlampung, Jumat (9-4-2021).

Wariki Sutikno mengatakan, kualifikasi wartawan sangat dibutuhkan. Karena selain berfungsi sebagai sarana pendidikan, sorang wartawan melalui produk jurnalistiknya juga berperan sebagai kontrol sosial dalam kehidupan berdemokrasi.

Untuk itu, Wariki mengingatkan agar wartawan dalam melaksanakan kinerjanya harus tetap independen dan berlandaskan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Peran jurnalis itu besar sekali. Persoalannya sekarang tidak semua jurnalis punya kualifikasi, dalam konteks inilah kami di Bapennas, sejak lahirnya ide sertifikasi wartawan kita dukung dan terus berupaya meningkatkan profesi kita bersama,” ungkap Wariki.

Lebih lanjut dia berharap insan pers bisa bersama-sama menyetop aksi-aksi politik yang tidak benar dan tidak berlandaskan undang-undang.

“Jangan kita wariskan kehidupan politik yang carut-marut. Peran media sangat penting dalam hal ini. Membangun negeri ini agar lebih sejahtera kedepannya,” ucapnya.

Karena tidak bisa dipungkiri, sambung dia, bahwa dunia politik saat ini terkesan transaksional.

“Mau jadi ketu partai politik saja harus punya biaya besar. Potensi kepemimpinan besar, tapi tidak bisa kemana-mana karena biayanya luar biasa, karena medan tempurnya seperti itu,” jelasnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos