Menteri BUMN Resmikan Kapal Tanker Pertamina di Teluk Semaka

img
Meteri BUMN Erick Thohir meresmikan kapal tanker VLCC (Very Large Crude Carrier) di Teluk Semangka Tanggamus.

MOMENTUM, Kotaagung--Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati meresmikan kapal tanker VLCC atau Very Large Crude Carrier Pertamina Pride di Teluk Semaka, Kabupaten Tanggamus, Kamis 15 April 2021.

Sebelum ke lokasi, rombongan Menteri BUMN transit di Kantor Pertamina Marine Region III Teluk Semaka di Kelurahan Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung.

Selanjutnya menuju ke kapal VLCC Pertamina di Teluk Semaka. 

Kapal VLCC Pertamina memiliki kapasitas muatan 2 juta barel, berukuran panjang 330 meter, tinggi 25 meter dari permukaan laut dan lebar 60 meter.

Sementara Menurut Erick Thohir, Pertamina dapat melakukan penghematan hingga 25 persen dibandingkan dengan menyewa kapal sejenis.

“Sekarang kita (Pertamina) memiliki dua kapal (VLCC) salah satunya ada disini (Teluk Semangka) yang sebentar lagi berlayar menuju Arab Saudi untuk mengambil minyak,” kata Erick.

Dengan dua kapal tangker VLCC, menegaskan komitmen Pertamina sebagai perusahaan yang membantu ketahanan dari pada energi.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani yang hadir dalam peresmian itu mengatakan, menyampaikan tentang rencana Kawasan Industri Tanggamus (KIT) yang hingga kini belum ada kejelasan kapan akan dimulai.

“Tadi juga saya sampaikan mengenai proyek strategis nasional yaitu salah satunya KIT. Yang menjadi kendala saat ini masih pandemi sehingga berdampak pada perekonomian. Pak menteri akan mengkaji lagi, kira-kira apa yang cocok untuk dikembangkan,” sebut bupati.

Menanggapi hal itu, Erick menyebut jika hal itu wajar bagi daerah yang ingin mengembangkan potensi lain dalam rangka peningkatan ekonomi.

“Adanya pandemi Covid 19 ini membuat keseimbangan ekonomi terganggu jadi wajar kalau daerah berlomba-lomba untuk mencari potensi baru pengembangan ekonomi, disini pemerintah daerah dan pusat berakselerasi,”katanya.

Ia juga mengatakan bahwa akan lebih dahulu mempelajari kawasan industri Tanggamus. "Apalagi kata ibu bupati masuk dalam proyek strategis nasional, BUMN tentu mendukung itu, apalagi saya lihat ada potensinya, tapi mengenai hal teknis lainnya saya takut salah bicara sebab itu bukan domain saya,” katanya.

Erick menilai Lampung sebagai daerah lumbung pangan. Banyak komoditas dari Lampung yang memenuhi kebutuhan nasional seperti gula, jantung, kelapa dan nanas, kopi.

Selain lumbung pangan, ada juga pontensi wisata seperti Bakauheni yang akan BUMN kembangkan sebagai tempat wisata. Tanggamus juga memiliki potensi wisata sebab ada air terjun,pantai dan lumba-lumba sehingga cocok untuk dikembangkan sebagai pariwisata menyasar turis lokal. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos