Menhub: Yang Kembali ke Jawa Baru 35 Persen

img
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Pelabuhan Bakauheni.

MOMENTUM, Bakauheni--Selama musim Lebaran Idul Fitri 2021, warga yang menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni mencapai 400 ribu orang. Sementara yang kembali ke Jawa baru sekitar 35 persen.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meminta kepada pihak terkait yang ada di Provinsi Lampung agar betul-betul teliti sehingga masyarakat yang terpapar Covid-19 tidak lolos menyebrang ke Pulau Jawa.

"Harus ada upaya lebih dari kita bagaimana dan berapa lama melakukan test rapid di Lampung. Sumatera dan Jawa ada suatu perbedaan, di Sumatera agak naik sedikit dan di Jawa lebih turun (kasus Covid-19. Red)," kata Budi, Sabtu 22 Mei 2021.

Hal itu disampaikan Menhub saat bersama Kepala BNPB Doni Monardo meninjau Pelabuhan Bakauheni. "Semoga apa yang kita laksanakan mendapatkan ridho dari Allah SWT," kata Menhub.

Sementara Doni Monardo mengatakan mayoritas wilayah Sumatera berstatus zona oranye dan merah. Dia berharap, semua pihak dapat mementahkan teori ping-pong dimana suatu daerah bergantian mengalami kenaikan dan penurunan kasus Covid-19.

"Selama beberapa hari terkahir, sebanyak 338 orang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR. Dan ini angka yang sangat besar," sebut Doni mengingatkan.

Namun, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah secara sukarela bersedia diperika baik itu menggunakan tes Antigen, GeNose dan swab PCR.

"Seluruh petugas telah bekerja dengan ikhlas selama 24 jam. Mudah-mudahan kerja keras bapak ibu semua dan kepatuhan masyarakat untuk mengikuti arahan dari Pemerintah dapat membantu mengurangi laju peningkatan kasus Covid-19 di tanah air kita. Sekali lagi, kolaborasi, kerjasama, displin dan konsistensi kita dalam pengendalian Covid-19, Insya Allah akan membantu bangsa kita mengurangi resiko Covid-19 dan tidak terjadi kekhawatiran seperti yang sekarang dialami oleh sejumlah negara," sebut Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Irjen Pol Hendro Sugiatno memaparkan di Provinsi Lampung sampai dengan Sabtu (22--2021), telah memeriksa sebanyak 138.066 orang dan 27.931 orang kedapatan tidak membawa surat keterangan negatif Covid-19.

Menurut dia, sebanyak 338 orang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan kesemuanya telah dilakukan isolasi di wilayah Lampung Selatan. Per hari ini, pihaknya mengklaim telah menambah ketersediaan ruang isolasi bertempat di asrama haji di Bandar Lampung dan 100 ruang isolasi cadangan di rumah sakit swasta.

"Saya mengimbau masyarakat yang ingin kembali ke Jawa, agar kami bekerja lebih ringan, kami menghimbau agar membawa surat keterangan negatif. Itu hukumnya wajib," tegas Kapolda selaku Ketua Satgasus Penanganan Pemeriksaan Covid-19 di Provinsi Lampung.

Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Danrem 043/Gatam Lampung Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kapolres Lampung Selatan AKBP Zaky Alkazar Nasution, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspa Dewi dan GM ASDP Cabang Bakauheni Solikhin.

Setelah serangkaian peninjauan selesai, rombongan Menhub bertolak ke Bandar Udara Internasional Radin Inten II dan melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. (*)

Laporan: Endri

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos