Pasar Talangpadang Diproyeksi Jadi Pasar Wisata

img
Proses renovasi Pasar Talangpadang Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Talangpadang--Pasar Talangpadang di Kabupaten Tanggamus diproyeksi mnejadi pasar wisata. Saat ini, pemkab setempat sendang melakukan renovasi bangunan pasar tersebut. 

PT Lingga Teknik Utama selaku pengembang proyek renovasi pasar tersebut berkomitmen menjadikan bangunan Pasar Talangpadang lebih menarik, sesuai proyeksi sebagai pasar wisata.  

"Ya, konsepnya akan jadi pasar wisata. Karena itu, bangunanya akan kita dibuat semenarik mungkin. Mohon bantuan kerjasamanya kepada masyarakat Tanggamus, khususnya di Talangpadang, agar pembangunan ini bisa berjalan lancar dan  selesai sesuai target,"  kata Dika pengawas lapangan PT Lingga Teknik Utama, Selasa (15-6-2021).

Menurut dia, saat ini proses renovasi sudah mencapai tahapan pembongkaran bangunan lama dan pemagaran.

"Bangunan lama sudah kita bongkar, kemudian dipagar keliling untuk memperlancar prose renovasi ulang," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi Industri UKM dan Perdagangan Kabupaten  Tanggamus Ismail.

Menurut dia, proses renovasi Pasar Talangpadang mengacu pada konsep pasar wisata.  

"Konsepnya memang sebagai pasar wisata. Karena itu bangunanya dan penataan pedagang akan dibuat menarik. Jadi yang datang bukan cuma untuk belanja, tapi juga untuk jalan-jalan berwisata," kata Ismail.

Dia berharap, nantinya Pasar Talangpadang dapat menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Tanggamus.

"Pihak pengembang (PT Lingga Teknik Utama) sudah mempersentasikan konsep bangunan hasil renovasi Pasar Talangpadang sebagai pasar wisata kepada pemkab, DPRD dan organisasi perangkat daerah," ungkapnya.

Menurut dia, nantinya pengelolaan pasar diserahkan ke perusahaan pengembang tersebut, dengan izin penggunaan lahan selama 25 tahun atau sampai 2046, terhitung sejak tahun 2021. 

"PT Lingga Teknik Utama yang membangun ulang,  sekaligus akan  mengelola Pasar Talangpadang selama 25 tahun atau sampai tahun 2046," terangnya..

Dia menjelaskan, nantinya di kompleks  Pasar Talangpadang akan ada 12 rumah toko (ruko).  Lalu toko dengan kategori ukuran 4x8 meter sebanyak 34 unit, ukuran 4x6 meter delapan unit, 3x3 meter delapan unit. Kemudian  ukuran 3x4 meter enam unit, 4x4 meter 128 unit dan 3x6 meter empat unit.

Selanjutnya: hamparan tipe A di dalamnya ada 16 unit lapak pedagang  ukuran 3x1,5 meter. Tipe B di dalamnya 15 unit ukuran 2x1,5 meter.

Untuk fasilitasi umum, antara lain: toilet, musala, kantor pasar, pos polisi, koridor, drainase, listrik. Kemudian: sumur bor, taman, tempat menyusui, serta kamera pengawas atau CCTV di 20 titik. 

Proses renovasi Pasar Talangpadang juga mendapat dukungan dari para pedagang.  Andi, salah satunya. Menurut dia, bangunan pasar tersebut memang sudah layak direnovasi.

"Kami mendukung renovasi ini, karena bangunanaya memang sudah cukup tua, sejak tahun 1983. Mudah-mudahan, setelah direnovasi pasar Talangpadang bisa semakin modern," harapnya. (**)

Laporan: Galih

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos