Merawat Wawasan Kebangsaan, Sayap PDIP Minta Pemerintah Putar Lagu Garuda Pancasila

img
Suasana ngopi Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) dan Banteng Muda Indonesia (BMI) Lampung di Unsilent Cafe, Bandarlampung, Rabu (23-6-2021).

MOMENTUM, Bandarlampung--Sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung untuk membiasakan pemutaran lagu Garuda Pancasila setiap Senin.

Hal itu disampaikan Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) dan Banteng Muda Indonesia (BMI) Lampung saat menggelar ngopi santai di Unsilent Cafe, Bandarlampung, Rabu (23-6-2021).

Ketua DPD Repdem Napoleon Oktober Bonaparte mengatakan, pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan dialog publik DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung tentang pentingnya merawat wawasan kebangsaan.

Napoleon--sapaan akrabnya--menuturkan, dari hasil pertemuan itu dihasilkan dua kesimpulan yakni pertama, meminta Pemprov Lampung agar menginstruksikan kepada 15 kabupaten/kota untuk memutar lagu Garuda Pancasila di lampu merah setiap Senin. 

"Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme serta memupuk wawasan kebangsaan para generasi muda," ujar Napoleon.

Kedua, meminta pemprov untuk memberi ruang bagi pemuda yang baru lulus, baik sekolah ataupun kuliah membentuk UMKM atau usaha rumahan hingga di tingkat desa.

Menurut dia, program Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ini disampaikan kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung Sudin dan diteruskan ke sayap partai untuk menggapai para pemuda.

Ketua BMI Piego Wiliyasa mengatakan aspirasi ini akan disampaikan kepada lembaga eksekutif dan legislatif di Lampung. 

"Jadi bagaimana dari hulu sampai ke hilir bisa jalan. Rekomendasi ini akan diteruskan ke eksekutif dan legislatif," kata dia. 

Piego berharap, kegiatan serupa tak hanya dilakukan di Bandarlampung. Namun, dapat digelar di seluruh kabupaten/kota lainnya se Lampung. 

"Harapan kami ada fasilitas dari pemkab, ini kan inisiatif dari kita di Bandarlampung aja. Harapannya, kita yang diundang nantinya," tutur dia.

Wakil Ketua Bidang Pemuda dan olah raga DPD PDIP Lampung Deddy Candra menambahkan, pihaknya berharap dapat mewakili dan menyalurkan aspirasi para pemuda kepada pemerintah.  

Turut hadir menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Gema Budhi Anton, Sekretaris GP Anshor Kota Bandarlampung Tata Trisnata dan Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bandarlampung, Iqbal Ardiansyah.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos