Reihana: Tidak Ada Varian Baru Covid-19 di Lampung!

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Kesehatan Provinsi Lampung memastikan belum pasien yang terkonfirmasi covid-19 dengan varian baru atau delta (D.1617.2).

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan, untuk mengetahui adanya varian delta covid-19 harus berdasarkan data dan hasil penelitian. 

"Memang tidak ada (varian baru). Untuk menyatakan itu harus pakai data, tidak bisa asal ngomong," kata Reihana di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM), Senin (5-7-2021).

Pernyataan itu sekaligus membantah keterangan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus yang menyebutkan ada tiga orang warganya yang terpapar varian baru.

Reihana menegaskan, untuk mengetahui mutasi virus pasti Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung telah menerima laporannya dari Kementerian Kesehatan RI.

"Karena kami yang mengirimkan whole genum sequencing (pemetaan varian baru). Jadi laporannya pasti dari kami," jelasnya.

Karena itu, dia pun mengingatkan agar Dinas Kesehatan Tanggamus tidak sembarangan memberi keterangan terkait varian baru. 

Sebelumnya diberitakan, ada tiga pasien dari Tanggamus yang dirawat di RSUAM terinfeksi varian delta dan meninggal dunia. 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanggamus Bambang Sutejo.

Menurut Bambang, mereka mendapatkan informasi dari Kementerian Kesehatan terkait varian delta tersebut. Sebab, gejala yang dialami ketiga pasien tersebut mirip dengan varian delta. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos