Pelantikan Pengurus, FORHATI Lampung Gelar Webinar Nasional

img
Foto bersama usai pelantikan dan webinar nasional.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pelantikan pengurus Majelis Wilayah FORHATI Lampung Periode 2021-2026 secara virtual melalui zoom meeting dan youtube. Dalam pelantikan itupun dilaksanakan webinar nasional bertema "Upaya Penanggualangan Covid-19 dari Perspektif Agama, Ekonomi, dan Kesehatan".  

“Pembicara webinar terdiri dari Ibu Riana Sari Arinal, S.H (Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung) yang menyampaikan materi “Meningkatkan Ketahanan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19”," ujar Ketua Pelaksana Pelantikan, Maike Indriyani, Minggu (1-8-2021).

Dia melanjutkan, webinar dilanjutkan penyampaian materi dari narasumber lainnya yakni Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) selaku tokoh ulama, Prof. Dr. Mahrina Sari, MS,SE, M.Sc. selaku Guru Besar FEB Unila, dan dr. Achmad Gozali, Sp.P (Dokter Spesialis Paru), dengan moderator dr. Isura Febrihartati.

"Harapannya dengan webinar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," jelas Maike Indriyani.

Dr Hj Efa Rodiah Nur, MH Presidium I memberikan pernyatan dalam masa periode memimpin akan fokus pada persoalan ekonomi, focal point bagaimana mengalakkan program UMKM menjadi sentral. "Sasaran utama anggota dan pengurus Forhati Lampung dan terjun pada tataran masyarakat,” ujar Dr Hj Efa Rodiah Nur.

dr Zam Zanariah, Sp.S.M.Kes yang mewakili Presidium Majelis Wilayah FORHATI Lampung menyatakan periode kepengurusan ini ada tiga presidium, masing-masing akan memimpin  selama 20 bulan. "Harapan pengurus pada priode ini pada masa memimpin akan memfokuskan pada soal kebijakan dan preventif upaya melakukan gerakan permasalahan  kesehatan di Provinsi Lampung. Siap menjadi mitra yang baik dengan kebijakan Pemprov Lampung," ujarnya.

Dia juga menyebutkan dalam kegiatan pelantikan selain dihadiri secara virtual oleh Pengurus KAHMI dan FORHATI Majelis Daerah se-Provinsi Lampung juga dihadiri oleh Presidium KAHMI Nasional dan FORHATI Nasional serta organisasi perempuan yang ada di Bandarlampung.

Dra. Erlina Fauzy, M.Pd. Selaku Presidium III mengharapkan focus utama dalam kepengurusan akan bermuara pada jantungya organisasi yaitu penguatan basis pendidikan dari sektor formal dan informal.

Pendidikan adalah basis utama Forhat yang dilakukan secara berkelanjutani. Tentu dalam mengemban amanah organisasi didukung sumberdaya manusia penuh tanggung jawab, menjaga integritas dan menjalin sillaturrahim sesama anggota Forhati alumni HMI, kader HMI dan masyarakat.

“Forum Alumni HMI-Wati (FORHATI) merupakan salah satu organisasi perempuan yang memiliki keanggotaan dari para alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang perempuan atau sering disebut HMI-Wati. Organisasi ini tentunya memiliki peran yang strategis dalam memberikan kontribusi untuk kemajuan perempuan Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung”, ungkap Ir Ria Andari, M.Pd, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung yang mewakili Gubernur Lampung.

Ketua Kahmi Lampung Abi Hasan Mu’an, SH, MH mengharapkan anggota Forhati meneladani tokoh pendidikan perempuan pertama Rahma Elyunusiah, perempuan dari Sumatera Barat yang mendirikan lembaga pendidikan Pondok Pesantren khusus puteri yaitu Diniyyah Puteri Padang Panjang. Kemandirian perempuan seperti ini yang dapat dijadikan  teladan.

Koordinator Majelis  Nasional FORHATI Ir.Hj. Hanifah Husein menyebutkan, Forhati meski fokus pada persoalan ketahanan keluarga, dikarenakan keluarga adalah simbol ketahanan negara. Persoalan rumah tangga marak terjadi perceraian kerena landasan lemahnya ekonomi dan lemhnya keimanan. Tentu dalam menyikapi permasalahan ketahanan keluarga dapat bersinergi dengan Tim Penggerak PKK di wilayah masing-masing, khususnya Provinsi Lampung

Dalam materi webinar Nasional AA Gym sebagai tokoh agama memberikan pesan dalam virtual zoom: “Alloh cinta terhadap orang yang beriman dan kuat. Makin kuat iman, kuat ilmu,  kuat fisik, kuat finansial,makin banyak kekuatan dengan dasar kuat iman hidup makin baik,akal makin baik,  badanya makin baik, hatinya makin baik, kehidupanya makin baik,  dan  makin dicintai Alloh.  Ciri-ciri yang kuat iman itu orang yang bersungguh-sunguh (all out ) dalam melakukan apa-apa yang bermanfaat dalam hidup”.

Sebelumnya, Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-3 pada 5 Juni 2021 lalu terpilih tiga Presidium Majelis Wilayah Forum Alumni HMI-Wati (FORHATI) Lampung yaitu Dr. Hj. Efa Rodiah Nur, S.H.,MH., dr. Zam Zanariah, Sp.S.M.Kes,, dan Dra. Erlina Fauzy, M.Pd.(**)

Editor: Nurjanah/rilis






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos