Upacara HUT RI, Bupati Tanggamus Ingatkan Soal Pandemi

img
Bupati Tanggamus Dewi Handajani memimpin upacara peringatan HUT ke-76 RI.

MOMENTUM, Kotaagung--Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Pemkab Tanggamus berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kotaagung. Pada Selasa 17 Agustus 2021, dilakukan di lapangan kompleks Pemkab Tanggamus. Jumlah peserta upacara juga lebih sedikit.

Upacara dipimpin Bupati Tanggamus Dewi Handajani dengan komandan upacara, Letda Kav Mahroi. 

Turut hadir, Wakil Bupati A. M. Syafii, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kapolres AKBP  Satya Widhy Widharyadi Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kajari Yunardi. Sementara para pejabat mengikuti secara daring.

Pada kesempatan itu, Bupati Dewi mengatakan warga Tanggamus merupakan bagian dari warga bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. "Upacara yang dilaksanakan hari ini untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas 

perjuangan para pahlawan bangsa merebut dan menegakkan kemerdekaan Indonesia," katanya.

Perjuangan para pahlawan itu yang menghasilka kemerdekaan. Sehingga bangsa Indonesia dapat menghirup udara kebebasan, berdiri diatas kaki sendiri, di atas tanah tumpah darah dengan kedaulatan penuh.

"Rasanya baru kemarin, para pejuang bertempur bertaruh nyawa, harta dan airmata. Rasanya baru kemarin Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan kita. 

Tapi ternyata sudah 76 tahun berlalu. Mari pertanyakan ke hati dan diri kita. Apa yang sudah kita perbuat. Sumbangsih apa yang telah kita berikan kepada bangsa untuk mengisi kemerdekaan," kata Dewi.

Selanjutnya, dia menyinggung soal pandemi covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia. "Saat ini kita berperang dan bertempur bukan melawan penjajah, namun melawan virus atau penyakit yang bernama Coronavirus Disease 2019," katanya. 

Dalam kurun waktu 1,5 tahun sejak pandemi melanda, dia menyebutkan, lebih dari 4,36 juta orang di seluruh dunia meninggal dunia. Dari 207 juta orang yang telah terjangkit dan terkonfirmasi positif Covid-19.

Di Indonesia sekitar 3,83 juta orang terkonfirmasi positif Covid. Sekitar 116 ribu orang meninggal dunia. Di Provinsi Lampung lebih dari 41 ribu orang positif Covid dengan tiga ribu orang meninggal dunia. 

Sementara di Kabupaten Tanggamus, data per 15 Agustus 2021, jumlah warga terkonfirmasi Positif Covid 2.267 orang dan meninggal dunia 105 orang.

"Angka-angka itu sungguh menyedihkan. Di antara mereka adalah sanak saudara kita, mungkin kakek, nenek, ayah, ibu, abang dan adik kita. Sampai kapan tragedi dan wabah ini akan berakhir. Tak ada satupun manusia di muka bumi ini yang sanggup sendiri melawan keganasan virus ini," katanya.

Karena itu, Bupati Tanggamus kembali mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah tertular virus Corona. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos