Dandim Ingatkan Masyarakat tentang Pentingnya Wawasan Kebangsaan

img
Komandan Distrik Militer (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Kav Joko Sunarto

MOMENTUM, Menggala--Komandan Distrik Militer (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Kav Joko Sunarto memberikan materi bela negara dalam Pelatihan Dasar CPNS golongan III di aula Islamic Center Menggala, Jumat (27-8-2021). 

Joko mengatakan Indonesia lahir dengan kemajemukan dari beragam ras, agama, budaya, dan suku. Karena itu, masyarakat jangan sampai terpengaruh isu yang dapat memecahbelah kesatuan bangsa.

“Perbedaan merupakan salah satu keindahan dan menjadi kekuatan yang dimiliki Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain,” terangnya.

Melehamahnya wawasan dan semangat kebangsaan, bisa diakibatkan oleh isu sara dan konflik di masyarakat. Untuk itu, seluruh masyarakat harus memperkuat wawasan kebangsaan dan siap membela agar negara Indonesia tetap utuh.

“Bangsa saat ini telah mengalami perkembangan mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertanahan dan keamanan (Hankam),” ucap Joko.

Wawasan kebangsaan, menurut Joko, menjadi hal penting yang perlu diketahui dan diemplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh elemen masyarakat, karena menjadi perekat antar anak bangsa. 

"Untuk apa wawasan kebangsaan bagi Indonesia kalau bukan untuk menjadi bangsa yang kuat, bersatu, dan berdaya saing. Nilai-nilai wawasan kebangsaan adalah kesediaan mereduksi kepentingan pribadi dan golongan demi kepentingan bangsa," katanya. (*)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: M Furqon







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos