Serbuan Vaksinasi Merdeka, TNI-Polri Keluarkan 9.000 Dosis Vaksin Covid dalam Sehari

img
Kegiatan serbuan vaksinasi merdeka TNI-Polri di Provinsi Lampung./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Tenaga kesehatan TNI-Polri menyuntikkan sebanyak 9.000 dosis vaksin tahap pertama bagi warga Lampung.

Kepala Bidang (Kabid) Dokkes Polda Lampung AKBP Legowo Hamijaya mengatakan, serbuan vaksinasi merdeka TNI-Polri dilaksanakan selama dua hari dengan masing-masing lokasi menyuntikkan 3.000 vaksin dosis pertama per harinya.

“Jadi hari ini sesuai instruksi Bareskrim Polri kami melaksanakan vaksin pada tiga lokasi, yaitu UIN Raden Intan, Gereja HKBP Kedaton, dan Stadion Mini Kalpataru,” ujar Legowo, Rabu (22-9-2021).

Dokter Legowo mengatakan, vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac yang diperuntukan bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Tenaga kesehatan (Nakes) yang menjadi vaksinator berasal dari gabungan dari TNI-Polri. 

“Nakes dari Polri dan TNI masing-masing mengirimkan 50 personel kesehatan,” kata dia.

Legowo menuturkan, untuk saat ini ketersediaan vaksin yang dimiliki Polda Lampung masih cukup aman. Serbuan vaksinasi akan terus dikebut guna membantu pemerintah dalam peningkatan cakupan vaksinasi nasional.

"Jadi di sini ada 3.000 per harinya dan 2.000 lainnya itu di Metro. Untuk total sehari kami menyuntikkan 5.000 dosis, berarti untuk 2 hari di tiga lokasi ad 15.000 dosis yang disuntikkan,” tuturnya. 

Sementara itu salah satu warga Sukarame, Dedi mengatakan, program serbuan vaksinasi sangat membantu warga yang saat ini antusias divaksin namun terkendala kosongnya vaksin di fasilitas layanan kesehatan.

“Kalau ada serbuan vaksinasi lebih mudah mendapatkan vaksin, soalnya di puskesmas sudah lama kosong. Semoga nanti untuk dosis kedua kami para warga kembali difasilitasi,” ucapnya.

Dedi mengungkapkan, meski harus mengantre lama, namun antusias warga untuk divaksin cukup tinggi. Selain itu, tidak terlihat adanya kerumunan karena adanya personel TNI-Polri yang mengawasi.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos