Tujuh Rumah di Desa Ruguk Segera Dibedah

img
Tim Verifikasi Disperkim Lamsel meninjau sasaran penerima bantuan bedah rumah di Desa Ruguk Kecamatan Ketapang

MOMENTUM, Ketapang--Tim verifikasi lapangan dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim)  Kabupaten Lampung Selatan mensurvei tujuh  rumah warga Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang yang akan menerima bantuan program bedah rumah.

Bersama aparat desa setempat, tim  survei berkeliling meninjau  rumah-rumah calon penerima bantuan program tersebut.

"Alhmdulillah, tim verifikasi bedah rumah Dinas Perkim mulai mensurvei. Salah satunya rumah ibu Ipah di Dusun Tasik yang memang perlu segera dibedah agar layak huni," kata Kepala Desa Ruguk Saipul, Sabtu (20-11-2021).

Menurut dia, dari tujuh rumah yang disurvei, ada satu rumah berkendala yakni pemiliknya hidup sebatangkara. Untuk itu, aparat desa bersama warga akan bergotong royong membantu saat pelaksaan bedah rumah tersebut. 

"Itu dia sebatangkara, untuk satu rumah ini, bantuanya nanti kita gotong royong untuk mensupport mewujudkan apa yang diberikan pada bu Ipah ini,"ucapnya

Sebelumnya, aparat h Desa Ruguk mengusulkan bantuan program bedah rumah untuk 50 unit. "Kalau ajuan kita 50 unit untuk 2021.  Alhamdullah  baru terealisasi tujuh unit," ungkapnya.

Saipul berharapan pengajuan bedah rumah yang telah diajukan, kedepan bisa terealisasi sepenuhnya, minimal 50 persen dari jumlah pengajuan.

"Tujuh rumah itu berada di: Dusun Cilacap , di Dusun Pepandu, Dusun Sumberjaya, masing-masing satu unit. Kemudian di Dusun Mekarjaya dua  unit  serta di  Dusun Tasik dan Sribasuki, masing-masing satu unit," paparnya.

Anggota tim verifikasi bantuan bedah rumah Roihan Efendi  mengatakan, ketujuh rumah  layak untuk mendapatkan bantuan tersebut. "Alhmdulillah, kondisinya sekarang ini memang layak dibantu, kita verifikasi juga. Mudah-mudahan tahap selanjutnya lancar sehingga bisa segera terealisasi," ungkapnya.

Selanjutnya, Tim Verifikasi Lapangan akan melaporkan ke Bidang Perumahan Dinas Perkim Lamsel. Kemudian akan akan diterbitkan SK atas nama masing-masing penerima. 

Teknis penkerjaan bantuan bedah rumah itu meliputi: ukuran minimal 6x6 meter, strukturnya  mulai dari pondasi  bangunan, selup  bawah, selup atas, dinding full  batu bata,  atap wajib genteng atau pun baja ringan. 

"Untuk pengerjaannya nanti, target kita kurang lebih  28 hari. Kalau gak ada halangan paling gak sekitar 28 hari itu. Tidak menutup kemungkinan sekarang sudah musin hujan," jelasnya. (**)

Laporan: endri

Editor: munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos