PDIP Lampung 'Pecah Kongsi'!, Pengamat: Pergantian Mingrum Gumay Evaluasi Kinerja dan Loyalitas

img
ilustrasi PDIP Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung "pecah kongsi"?. Setelah mantan Walikota Bandarlampung Herman Hn loncat alias pindah partai ke Nasional Demokat (Nasdem), kini jabatan Sekretaris PDIP Lampung Mingrum Gumay berganti ke Sutono.

Menanggapi itu, Pengamat Politik Darmawan Purba menilai bisa saja pergantian sekretaris itu sebagai proses evaluasi di internal partai.

"Bisa saja evaluasi terkait kinerja atau loyalitas terhadap partai," kata Akademisi Universitas Lampung (Unila), Minggu (28-11-2021). 

Mengenai dampak pergantian jabatan pada posisi Mingrum sebagai Ketua DPRD Provinsi Lampung, lanjutnya, hal itu mungkin saja terjadi. "Menimbang penentuan jabatan ketua DPRD di partai PDIP lazimnya diamanahkan pada kader yang menjabat ketua, sekretaris atau bendahara," tutur Darmawan.

Dia melanjutkan, melihat dari kecenderungan umum tersebut, besar kemungkinan posisi ketua DPRD juga akan dievaluasi oleh PDIP.

Baca Juga: Gantikan Mingrum Gumay, Sutono: Saya Ikut Perintah Partai!

"Bisa jadi salah satu aspek yang dievaluasi oleh DPP PDIP adalah terkait tidak kondusifnya kondisi internal PDIP yang salah satunya ditandai dengan keluarnya salah satu kader andalan PDIP Provinsi Lampung dalam hal ini Herman HN ke Partai Nasdem," pungkasnya.

Sementara itu, Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung akan melaksanakan konferensi pers terkait pergantian Sekretaris DPD pada Jumat (26-11-2021).

Pertemuan antara fraksi PDIP dengan media tersebut direncanakan digelar di kantor DPRD Lampung, Senin (29-11) pagi.

Dikonfirmasi terkait itu, Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Politik PDIP Lampung, Yanuar Irawan membenarkan pihaknya akan memberikan keterangan terkait pergantian Sekretaris DPD PDIP  Mingrum Gumay yang kini menjabat Ketua DPRD Provinsi Lampung.

"Ya dek," ujar Yanuar saat dikonfirmasi harianmomentum.com, Minggu (28-11) malam.

Namun, ditanya soal kemungkinan Mingrum Gumay diganti dari jabatab Ketua DPRD Lampung setelah tidak lagi masuk dalam struktur KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) Yanuar menegaskan, jabatan itu aman dan tak akan diganti dalam waktu dekat.

"Mingrum tetap menjadi ketua DPRD," ujar Yanuar Irawan.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos