Ketua DPD: Calon Ketua DPC Demokrat akan Jalani Fit and Proper Test

img
Suasana di depan kantor DPD Partai Demokrat Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Seluruh kandidat calon ketua DPC Partai Demokrat 15 kabupaten/kota se Provinsi Lampung bakal menjalani fit and proper test.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD Demokrat Lampung Edy Irawan Arief, di Bandarlampung, Senin (14-3-2022).

"Meskipun delapan daerah memiliki calon tunggal, namun semua tetap akan mengikuti fit and proper test. Karena ada juga contohnya di daerah lain walaupun calon tunggal tapi tidak ditetapkan," ujar Edy.

Menurut Edy, para calon ketua tetap akan mengikuti fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan oleh tim 5 yang terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, Kepala BPOKK DPP, Ketua DPD Partai Demokrat Lampung dan Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung.

"Karena AD/ART 2020 era Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menyebut Muscab dan Musda itu ranahnya DPP, kalau dulu Muscab urusan DPD dan Musda urusan DPP. DPD hanya sebagai pelaksana saja," jelasnya. 

Kakak kandung politisi Andy Arief ini melanjutkan, verifikasi dukungan saat pendaftaran bakal diverifikasi langsung saat Pra Muscab.

Untuk itu, lanjut Edy, seluruh PAC dan pemilik suara sah lainnya harus hadir dalam Pra Muscab, jika tidak hadir maka suaranya dianggap batal.

Diketahui, DPD Demokrat Lampung telah mengirim seluruh berkas 24 calon ketua DPC Demokrat se-Lampung ke DPP untuk diverifikasi sebelum Pra Musyawarah Cabang (Muscab) pada Minggu (20-3-2022) dan Muscab (21-3) digelar. 

Sementara itu DPD Partai Demokrat Lampung segera menyiapkan lokasi Muscab serentak yang bakal digelar di Balai Krakatau, Bandarlampung, Senin (21-3) mendatang.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos