Berbekal CCTV, Tekap Metro Bekuk Pencuri Motor

img
Pelaku terekan CCTV saat menjalankan aksi curanmor.

MOMENTUM, Metro--Berbekal rekaman closed circuit televesion (CCTV), anggota Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Polres Metro membekuk pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Pelaku dihadiahi timah panas lantaran melakukan perlawanan saat akan diamankan. 

Kapolres Metro, AKBP Yuni Iswandari Yuyun, melalui Kasatreskrim Polres Metro, AKP Firmansyah mengatakan, aksi pelaku yang merupakan spesialis curanmor itu sempat terekam CCTV. 

Pelaku sempat viral lantaran kerap melakukan pencurian dan dan terekam CCTV yang dibagikan oleh masyarakat di media sosial. 

"Pelaku ditangkap pada Selasa, 15 Maret 2022 sekitar pukul 07.00 WIB dikediaman tersangka di Desa Nibung, Kecamatan Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur," kata dia, Rabu (16-3).

Dia menjelaskan, tersangka yang diamankan tersebut berinisial MFD. Pelaku terpaksa ditembak Polisi lantaran melakukan perlawanan.

"Untuk penangkapannya, tersangkanya berhasil kami amankan dari rumahnya. Saat itu pelaku sedang di rumah, jadi walaupun sedikit ada perlawanan, namun alhamdulillah dengan tindakan tegas terukur anggota, kami berhasil mengamankan pelaku dan kemudian menyita barang bukti berupa sepeda motor yang terakhir dicuri pelaku," ucapnya

Dari penangkapan tersebut, Polisi menemukan barang bukti dua motor hasil curian dari wilayah hukum Polres Metro. Dari pengakuan MFD, lanjut Kasat, tersangka telah membawa kabur belasan motor dari belasan lokasi di Bumi Sai Wawai.

"Ada dua kendaraan yang berhasil kami sita, itu Yamaha R-15 dan Honda Beat. Untuk sementara, pengakuan dari tersangka dia sudah belasan TKP melancarakan aksinya. Tapi itu bakal kami kembangkan, karena mungkin lebih dari itu," tambahnya. 

Meskipun begitu, AKP Firmansyah belum dapat membeberkan secara rinci identitas para pelaku yang terlibat. Hal tersebut lantaran pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap sindikat tersebut.

"Dalam melancarkan aksinya, pelaku tidak pernah sendiri, selalu ada teman. Tapi untuk sementara pengakuannya seperti itu. Dan pelaku lain masih dalam pengejaran. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita amankan. Jadi mungkin yang akan datang, akan kami share lagi beritanya jika memang pengakuannya sudah fiks," ujarnya. 

Polres Metro mengimbau masyarakat agar selalu waspada khususnya menjelang bulan suci Ramadan. Polisi meminta masyarakat tetap memaksimalkan pengamanan terhadap barang yang dimiliki guna mengantisipasi aksi pencurian.

"Saya mengimbau masyarakat Kota Metro, karena mereka semua adalah sahabat kamtibmas. Kami berharap kepada seluruh warga dapat menjadi Polisi bagi dirinya sendiri. Ketika memarkirkan sepeda motor diutamakan menggunakan kunci ganda atau alarm, sehingga mempersulit bagi pelaku kejahatan," imbaunya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos