Bus Jemaah Umroh Terguling di Banjaragung

img
Kondisi bus Tri Dara Tarns yang bermuatan penumpang jemaah umroh, usai iterguling di Jalan Lintas Barat Sumatare, Pekon Banjaragung, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Pugung--Bus berpenumpang rombongan jemaah umroh terguling di Jalan Lintas Barat Sumatera, wilayah Pekon/Desa Banjaruding, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Jumat (18-3-2022). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tanggamus AKP.Amsar mengatakan, kecelakaan tunggal tersebut terjadi sekitar pukul o4.00 WIB.

"Kejadiannya menjelang subuh tadi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Beberapa penumpang hanya luka ringan," kata AKP. Amsar didampingi Kanit Laka Bripka Kuswanto. 

Setelah proses evakuasi, seluruh penumpang bus kembali melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lain menuju Bandara Radin Inten II di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

"Rombongan jemaah umroh itu bersal dari Kecamatan Wonosobi dan Semaka, Kabupaten Tanggamus. Mereka menumpang Bus Tri Dara Trans dengan nomor Polisi BE 2781 CU. Sopir busnya  bernama Kiki Purnomo (32) warga Dusun Argorejo, Pekon Argopeni, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus," paparnya. 

Dia menuturkan, insiden bus terbalik itu diduga akibat sopir tidak bisa mengendalikan kemudi saat akan mendahului sepeda motor. 

Bus melaju dari Tanggamus menuju arah Pringsewu. Saat di lokasi kejadian, bus hendak mendahului sepeda motor. Namun dari arah berlawanan tiba-tiba muncul kendaraan roda enam (mobil). Karena terkejut, sopir bus  berusaha menghindari dengan membanting setir ke kiri yang menyebakan bus terguling," tuturnya.

 Setelah kejadian, penumpang bus sempat dievakuasi ke halaman rumah warga di sekitar lokasi kejadian. Kemudian petugas dari Polsek Pugung dan Satlantas Polres Tanggamus mendatangi lokasi melakukan langkah-langkah penanganan. 

"Pagi tadi, bus sudah berhasil dievakuasi oleh pihak perusahaan. Dibantu juga oleh warga dan personel satlantas. Penumpang bus sudah melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lain," terangnya.

Berdasarkan data dari Unit Laka Satlantas Polres Tanggamus,beberapa penumpang yang mengalami luka ringan, antara lain: Wadi (13) warga  Pekon Banjarsari, Kecamatan Wonosobo. Dia mengalami luka di bagian bibir dan  pelipis bawah mata. Kemudian Dayu Irawati (38). Warga Pekon Sedayu Kecamatan Semaka itu luka ringan pada tangan kiri. Suhermi (49) juga warga Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka mengalami luka lecet di kaki kiri.  

Berikutnya empat penumpang dari Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka: Yani (41) luka lecet di pipi kanan, Siti Parti (55) luka lecet di tangan kiri. Suharti (61) luka lecet pada pelipis kanan dan Eka Susilawati (36) luka lecet di pipi kanan. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos