Jalan Mojopahit-Tanggulangin Segera Dirigid Beton

img
Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad

MOMENTUM, Punggur--Kelancaran akses transportasi menjadi penopang utama efektifitas upaya mendongkrak perekonomian masyarakat.

Terkait hal tersebut, tahun ini Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) akan memperbaiki ruas jalan penghubung Kampung Mojopahit dan Tanggulangin di Kecamatan Punggur.

Bupati Lamteng Musa Ahmad mengatakan, ruas jalan sepanjang empat kilometer itu akan diperbaiki dengan sistem rigid beton.

"InsyaAllah, tahun ini jalan penghubung Kampung Mojopahit sampai Tanggulangin kita perbaiki dengan rigid beton," kata Musa, Sabtu (2-4-2022).

Untuk membantu mempercepat perbaikan infrastruktur jalan, dia meminta para kepala kampung mengoptimalkan program Padat Karya Tunai (PKT) tahun 2023 mendatang.

“untuk membangun jalan satuk kilometer dengan hotmix, kalau ditenderkan membutuhkan dana Rp1,2 miliar. Tapi kalau dengan PKT mudah-mudahan dengan angka Rp250 juta selesai,” ungkapnya.

“Insya allah, kalau anggaran kita memungkinkan saya berupaya tahun depan, paling tidak seratus kampung yang akan mendapat progtam PKT,” tambahnya.

Dia menerangkan, program PKT digulirkan untuk menyiasati keterbatasan anggaran pembangunan infrastruktur.

"Untuk merealisasikan pembangunan jalan hotmix sepanjang 1.438 kilometer, diperlukan dana tiga sampai empat triliun. Artinya, kalau dengan anggran yang ada sekarang ini, perlu lima sampai enam periode bupati, baru selesai. Karena itu, kita lakukan terobosan melalui program PKT," jelasnya.

Selain itu, program PKT juga bermanfaat untuk menyerap tenaga kerja lokal, karena kegiatan pembangunanya langsung dilakukan masyarakat. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos