Lamteng Kembangkan Ekonomi Kreatif di Kawasan Wisata

img
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Lamteng, Sarjito

MOMENTUM, Gunungsugih -- Pemkab Lampung Tengah (Lamteng) akan mengembangkan ekonomi kreatif di tempat-tempat wisata. Dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada para pemuda setempat.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Lamteng, Sarjito, mengatakan setiap lokasi wisata, bimtek diberikan kepada 40 pemuda setempat. Materinya, disesuaikan dengan potensi atau keuggulan masing-masing tempat wisata.

Misalnya di Kecamatan Selagailingga, kata dia, ada destinasi wisata air terjun curup tujuh dan Curup lestari. Pelatihan yang diberikan berupa keterampilan menyablon kaos.

"Kemudian di Dam Raman Punggur, kami memberikan pelatihan pengemasan dan label makanan ringan untuk menembus pasar modern supermarket, sehingga produk makanan memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” katanya, Sabtu (16-4-2022).

Lebih lanjut Sarjito menjelaskan, bimtek dikomandoi kelompok sadar wisata (pokdarwis). Terdapat 17 sub sektor ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan melalui anak muda.

“Masyarakat saat ini lebih memilih back to nature (kembali ke alam) dalam menikmati liburan dan mencari suasana yang asri serta sejuk. Lampung Tengah memiliki semua itu, seperti wisata danau, air terjun, dan berbagai wisata alam lainnya,” katanya.

Sejumlah tempat wisata di Lamteng yang makin diminati pengunjung, antara lain, wisata Embung Tanjunganom Kecamatan Terusannunyai. Tempat wisata Jaya Restu Lestari Bandarsurabaya. Danau Tirta Gangga di Seputihbanyak. Air terjun curup tujuh dan curup lestari di Selagailingga dan Dam Raman di Punggur.

"Tempat wisata yang kini banyak dikunjungi wisatawan lokal, embung Tanjunganom. Tempat wisata ini diikutkan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022," katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos