Ribuan Anak dan Balita di Metro akan Divaksin Campak Rubella

img
Ilustrasi. Ist.

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menargetkan puluhan ribu anak dan balita menerima vaksin pada program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Metro, Redho Akbar mengatakan, dalam program BIAN ini ada dua jenis imunisasi yang akan diberikan kepada anak dan balita.

"Ada dua progam, pertama campak rubella untuk seluruh anak dan balita, serta sasaran vaksin kejar bagi anak yang imunisasinya bolong-bolong," kata dia, Kamis (19-5-2022).

Untuk sasarannya, lanjut dia, untuk imunisasi campak rubella sebanyak 30.840 anak dengan usia 9 bulan sampai 12 tahun.

"Untuk vaksin kejar itu nanti diberikan vaksin oral polio vaksin (OPV) sasarannya 781 anak, IPV sebanyak 2.157 anak dan DPT/HB sebanyak 1.260 anak. Itu untuk 12-59 bulan," ucapnya.

Dia menambahkan, metode penyuntikan imunisasi tersebut nanti akan dilakukan di puskesmas dan sekolah di Metro.

"Untuk jadwalnya nanti akan diserahkan ke puskesmas masing-masing. Kalau kami tinggal melakukan koordinasi dengan pihak sekolah yang akan dilakukan imunisasi," tambahnya.

Dia menyebut, untuk launching program BIAN memang sudah dilakukan pada 18 Mei 2022. Namun, untuk di Metro akan dilakukan dimulai pada 23 Mei mendatang.

"Nanti kami juga akan launching pada 23 Mei di SD Xaverius. Nanti penyuntikan pertama akan dihadiri oleh Wali Kota Metro," ungkapnya.(**)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment