Pemkab Tubaba Targetkan Program Smart Village Rampung 2022

img
Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh Tulangbawang Barat, Sofyan Nur.

MOMENTUM, Panaragan--Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh/Desa (DPMT), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) menargetkan penerapan Smart Village berjalan seratus persen di tahun 2022.

Hal itu disampaikan Sofiyan Nur, Kepala Dinas PMT Tubaba, Selasa (31-5). 

Menurut dia, kabupaten juga telah melaunching program gubernur Lampung tersebut sejak dua tahun yang lalu. "Pertama kali  launching Smart Village  pada tahun  2019 di Tiyuh Pulungkencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah," ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya Sofyan, program tersebut terus dikembangkan di Kabupaten Tubaba, baik program lanjutan Pemerintah Provinsi Lampung maupun program mandiri tiyuh-tiyuh  di Tubaba, menuju "Tiyuh Calak Tubaba," jelasnya.

Kadis PMT itu menjelaskan, sampai dengan saat ini di Kabupaten Tubaba terdapat 85  tiyuh yang sudah melaksanakan Program Smart Village, dari total tiyuh Se-Tubaba sebanyak 93 tiyuh.

Dengan rincian empat tiyuh merupakan bagian dari Program Pemprov Lampung, dan 81 Tiyuh merupakan program mandiri dalam bingkai Tiyuh Calak Tubaba. 

"Tahun 2022 ini ditargetkan seratus persen Tiyuh-tiyuh di Tubaba menerapkan Program Smart Village, yang terintegrasi dengan 9 Kecamatan. Dinas PMT Kabupaten Tubaba dan Pemprov Lampung menuju penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang ditargetkan paling lambat terlaksana secara penuh pada Tahun 2023," kara Sofyan Nur.

Menurutnya, keberhasilan Pemkab Tubaba menerapkan Program Smart Village telah terbukti. Yakni mendapatkan  apresiasi oleh Pemprov Lampung.

"Dengan ditetapkannya Tiyuh Pulungkencana sebagai Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021, dan mewakili Provinsi Lampung dalam ajang Lomba Desa Tingkat Nasional, serta ditetapkannya Bupati Tubaba sebagai Pembina Desa Terbaik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 oleh Gubernur Lampung," jelasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos