Bupati Musa Ahmad Resmikan Tiga Layanan Baru di RS YMC

img
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad.

MOMENTUM, Terbanggibesar--Bupati Hi Musa Ahmad, S.Sos meresmikan pelayanan baru di Rumah Sakit Yukum Medical Centre (RS YMC), Rabu (29-6-2022). Tiga layanan yakni stroke, diabetes dan dental centre.

Komisaris PT Mitra Medical Centre (PT MMC) Lampung Tengah (Lamteng) Mahfud Santoso menyampaikan dibukanya fasilitas pelayanan stroke, diabetes dan dental centre karena adanya grafik peningkatan pasien yang mengalami penyakit itu.

Dia menyebutkan, jumlah pasien sakit stroke mencapai 1.616 orang perbulan, kemudian pasien diabetes mencapai 875 perbulan dan juga sakit gigi 896 pasien perbulan.

"Dibukanya fasilitas pelayanan ini, juga ditujukan untuk mencapai peningkatan pelayanan kesehatan di RS YMC sehingga dapat menjadi RS terbaik guna mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng untuk menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Lampung," kata Mahfud.

Pelayanan stroke, diabetes dan dental centre dilengkapi dokter spesialis dengan peralatan kesehatan seperti Extracorporeal Shock Wave Lithotrispy (ESWL) atau alat pemecah batu ginjal adalah terapi di bidang urologi untuk menghancurkan batu ginjal dengan menggunakan gelombang kejut.

"Fasilitas kesehatan ini juga didukung oleh BPJS Kesehatan Cabang Metro," terang dia.

Mahfud juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Lamteng Musa Ahmad atas perhatian yang tinggi dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

"Pemimpin daerah yang sangat peduli terhadap masalah kesehatan, dan terus berjuang bagaimana masyarakatnya dapat hidup sehat dan sejahtera. Bupati yang sangat tanggap darurat dan sigap hingga turun langsung tanpa mengenal waktu," papar dia.

Direktur RS YMC dr Emi Sulistiyani juga berharap fasilitas ini dapat menjadi pelayanan yang maksimal, paripurna dalam membantu masyarakat tanpa harus sulit pergi ke Bandarlampung untuk berobat sakit stroke, diabetes dan dental. “Alat kesehatan yang menunjang seperti ESWL juga sangat dibutuhkan oleh 7 Kabupaten lain disekitar Lamteng sehingga nantinya dapat berkontribusi juga untuk masyakarakat di luar daerah,” harap Emi.

Kepala BPJS Kesehatan Metro dr Wahyudi Putra Pujianto mengatakan Pelayanan Stroke, Diabetes dan Dental Centre RS YMC ini merupakan produk terbaik yang akan sangat dibutuhkan masyarakat.

Untuk Lamteng, tercatat 70 persen warga yang telah terdaftar sebagai peserta JKN/KIS, dan masih sekitar 400 ribu yang belum terdaftar. "Daerah yang sudah mencapai Universal Health Coveragge (UHC) yakni berdasar peraturan presiden no 1 tahun 2022 yang berisi bahwa seluruh rakyat Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan yang diturunkan ke masing-masing kota/kabupaten sebesar 95 persen hingga tahun 2024," kata dia.

Jika kepesertaan masyarakat sudah mencapai 95 persen, maka akan sangat membantu memberikan pelayanan yang lebih mudah tanpa harus lebih lama menunggu aktifnya kartu JKN/KIS.

"Adanya produk pelayanan terbaru di RS YMC akan menjadi sarana bagi masyarakat yang berobat tapi belum mendaftar sebagai peserta JKN/KIS bisa langsung daftar,” urai dr Wahyudi.

Bupati Musa Ahmad mengatakan, dengan hadirnya fasilitas tiga pelayanan baru di RS YMC sangat berkontribusi dalam upaya membantu masyarakat mendapatkan penanganan kesehatan.

Dia mengharapkan bersama RS YMC serta dunia usaha yang ada di Lamteng akan bersinergi dalam mencapai UHC dengan regulasi dana APBD dan CSR kepesertaan JKN/KIS diakhir tahun 2022 akan terwujud.

"Kami dari pemerintah daerah akan mendukung RS YMC guna bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Saya mengimbau kepada masyarakat di Lamteng dan sekitarnya yang menderita sakit stroke, diabetes dan sakit gigi untuk dapat memberdayakannya dengan cukup datang ke RS YMC,” ajaknya.

Hadir pada kegiatan tersebut Komisaris PT MMC Ir H Musawir Subing, M.M, Ketua PWRI Lamteng Loekman Djoyosumarto, Kepala Dinas Kesehatan Lamteng dr Otniel Sriwidiatmoko jajaran Direktur Rumah Sakit di Lamteng, lalu Camat Terbanggibesar Periyansyah, dan Lurah Yukumjaya Iqbal. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos