Sekdakab Pringsewu Luncurkan Sidomaspar

img
Acara sosialisasi dan peluncuran program aplikasi Sidomaspar yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Kabupaten Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pringsewu punya program baru. Namanya, Sistem Informasi Data Ormas dan Parpol atau Sidomaspar.

Program untuk mengoptimalkan pendataan dan pengawasan organisasi kemasyarakatan dan partai politik itu, secara resmi diluncurkan Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, Kamis (14-7-2022). Peluncuran yang berlangsung di Aula Kantor Pemkab Pringsewu itu dirangkai dengan kegiatan penyuluhan sistem pendataan yang diikuti perkawilan ormas dan parpol.

"Program aplikasi Sidomaspar bentuk inovasi yang dilakukan Kesbangpol dalam melaksanakan salah satu tugas dan fungsinya. Karena itu, patut kita apresiasi," kata Sekdakab.

Dia berharap, program aplikasi Sidomaspar dapat menjadi jembatan penghubung silaturahmi dan koordinasi yang efektif  antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu dengan para pengurus ormas dan partai politik. 

Kepala Badan Kesbangpol Pringsewu Sukarman menjelaskan, aplikasi Sidomaspar berfungsi untuk mempermudah proses mverifikasi dan pendataan  ormas dan parpol di kabupaten setempat

"Lewat aplikasi ini bisa diketahui keberadaan ormas yang secara adminstrasi kepengurusanya masih aktif atau tidak. Kalau sudah tidak aktif lagi untuk sementara akan dikeluarkan dari database Ormas. Nantinya akan dimasukkan kembali apabila sudah memenuhi syarat dan ketentuan," terangnya.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos