Kecelakaan Nasional Masih Tinggi, Bupati Ajak Tertib Berlalulintas

img
Pejabat (Pj) Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah saat upacara bulanan di lapangan pemkab setempat.

MOMENTUM, Pringsewu -- Angka kecelakaan nasional pada 2021 mencapai sekitar seratus ribu atau rata-rata 270-an kasus perhari.

Pejabat (Pj) Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah mengatakan angka tersebut menunjukkan angka kecelakaan di Indonesia masih tinggi.

Karena itu, Adi meminta seluruh aparatur pemerintah dapat menyampaikan hal tersebut kepada keluarga dan masyarakat dengan menyampaikan pesan agar berhati-hati ketika berlalulintas di jalan, mentaati peraturan dan rambu lalulintas, disamping memastikan kendaraan yang digunakan laik jalan.

"Marilah kita patuhi rambu lalulintas dan marka jalan, serta menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, sehingga cita-cita untuk zero accident dapat tercapai. Kepedulian akan keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab kita bersama dan harus dijadikan budaya di tengah masyarakat Pringsewu," ujarnya saat upacara bulanan di lapangan Pemkab Pringsewu, Senin (18-7-2022).

Dia mengungkapkan, di Kabupaten Pringsewu telah dilaksanakan Program Peningkatan Keselamatan Berlalulintas, yang bertujuan meningkatkan kondusifitas lalulintas, juga akan menyokong pendapatan asli daerah (PAD).

"Untuk itu, saya mengimbau bagi pemilik atau pengguna mobil penumpang umum, mobil barang, truk gandengan dan truk tempelan yang dioperasikan di jalan, wajib di lakukan uji berkala kendaraan yang dapat dilaksanakan di gedung uji kendaraan bermotor Kabupaten Pringsewu," imbaunya.

Adi Erlansyah menambahkan, Kabupaten Pringsewu juga telah memiliki Forum Lalulintas yang terdiri dari perangkat daerah yang memiliki tugas dan kewenangan untuk melaksanakan koordinasi antar instansi, merencanakan pelaksanaan kegiatan yang berskala besar dan memerlukan pertimbangan lintas sektoral dalam bidang transportasi.

 "Saya berharap dengan adanya Forum Lalulintas ini menjadi wadah untuk berkembangnya pelayanan transportasi bagi masyarakat Kabupaten Pringsewu guna menuju perbaikan dan perkembangan perekonomian Kabupaten Pringsewu," harapnya.

Sementara itu, secara terpisah, menyikapi tingginya angka lakalantas tersebut, Kadis Perhubungan Kabupaten Pringsewu Bambang Suhermanu, mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi peraturan lalulintas yang ada.

Serta mengharapkan kesadaran semua pengguna jalan untuk bersama-sama menjaga keselamatan berlalulintas. "Keselamatan berlalulintas bukan untuk diri sendiri, tetapi untuk semua. Perhatikan dan persiapkan kondisi badan maupun kendaraan agar semuanya ready di jalan. Sebab jalan adalah milik bersama,"kata Bambang. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos